Topic Archives: Harapan

Berharaplah Kepada-Nya

Duhai manusia, tidakkah kau sadar siapa yang memberimu hembusan nafas sampai detik ini? Tak dapat terhitung berapa liter oksigen yang Dia berikan secara gratis dengan kualitas terbaik. Namun tak jarang manusia tetap mengeluhkan hidupnya. Terlebih masih banyak yang menggantungkan harapan kepada selain-Nya.

Baca selengkapnya »

Doa untuk Cita Adinda

Barang kali sekarang belum, aku usap kepala selagi Lastri mengunyah mie dalam mulutnya. Kelak kau akan tahu, bahwa watak baik itu akan lebih penting dari semua yang telah kau pelajari, watak itu pula yang kelak menentukan manfaat ilmu. Kukecup keningnya, membaringkan dan menyelimuti lagi. “Istirahatlah nak, pagi Lastri harus sekolah.

Baca selengkapnya »

Kala Harap tak Bisa Diharapkan

Orang luar biasa itu bukanlah ia yang dalam sekali coba lalu dapat menuai keberhasilan. Tapi Orang yang luar biasa itu adalah ia yang mampu bangun lagi setelah terjatuh, berdiri tegak lalu berlari mengejar keberhasilannya yang tertunda dengan memperbaiki kesalahan padal langkah sebelumnya. Tak jadi masalah sebenarnya saat harap kita tak bisa diharapkan, yang jadi masalah adalah bagaimana cara kita menyikapinya. Selamat merajut harap dan semangat memperjuangkan harapan agar jadi kenyataan.

Baca selengkapnya »

Kado Istimewa

Sudah hampir setahun ini kami rajin berkirim surat. Aku sering bercerita tentang teman-temanku di sekolah, keluargaku di rumah, atau aktivitas membosankan yang kulakukan di kamar. Aku juga ceritakan soal impianku menjadi seorang penari. Sesekali kukirimkan coretan gambar tokoh komik kesukaanku. Kami saling bertukar cerita, tapi sebenarnya tidak benar-benar mengetahui satu sama lain. Dan itu terbukti saat kubuka kado ulang tahunnya; Ia memberiku sepasang sepatu balet. Lantas harus kuminta ke siapa sebelah kaki yang tak kupunya?

Baca selengkapnya »

Sebuah Harapan untuk Anak Negeri

Sebuah harapan besar pun tumbuh di dalam hati ini. Harapan tentang meningkatnya kualitas pendidikan di Negara Indonesia. Berharap agar pemerintah benar-benar serius memperbaiki sistem pendidikan saat ini. Meratakan pendidikan ke seluruh pelosok negeri agar semua anak dapat merasakan indahnya menuntut ilmu. Tak dapat kita pungkiri bahwa pendidikan merupakan hal yang sangat penting. Apabila sebuah negara telah menjamin terpenuhinya pendidikan di seluruh pelosok negerinya, maka sebenarnya negara tersebut telah memiliki “investasi” besar, yakni anak-anak yang terpelajar. Karena pada kenyataannya mereka yang akan meneruskan perjuangan serta kelak menjadi pemimpin di negeri tersebut.

Baca selengkapnya »

Islam dan Perspektif Psikologi dalam Menjelaskan Harapan

Satu hal penting yang harus disadari adalah bahwa harapan tidak sama dengan khayalan. Secara wujud, harapan dan khayalan mungkin tidak jauh berbeda, karena keduanya merupakan bentuk dari ekspektasi masa depan, namun secara content, keduanya jelas amat berbeda. Harapan biasanya hadir sebagai motivasi yang membuat orang lebih giat dan bersemangat untuk mencapai apa yang diinginkannya, sedangkan khayalan adalah wujud dari ketidakberdayaan mencapai apa yang diharapkan dalam dunia nyata sehingga hasilnya orang akan cenderung untuk berandai dan berkhayal.

Baca selengkapnya »