Home / Berita / Internasional / Asia / Pemilu Turki; Koalisi Lawan Hadapi Erdogan

Pemilu Turki; Koalisi Lawan Hadapi Erdogan

Pendukung Partai CHP Turki. (Aljazeera)

dakwatuna.com – Ankara. Media massa di Turki menyebutkan, Partai Rakyat Republik (CHP) membentuk koalisi dengan tiga partai lain dalam pemilu Turki 24 Juni mendatang. CHP merupakan partai oposisi utama dan terbesar di Turki.

Menurut informasi media, CHP menjalin koalisi dengan Partai Baik (GP), Partai Saadet, dan Partai Demokrat Turki. GP merupakan partai baru dan sempalan dari Partai Gerakan Nasionalis (MHP). Sementara Saadet merupakan partai yang dikenal ‘Islamis’.

Keempat partai ini diperkirakan akan menandatangani nota koalisi pada hari ini, Kamis (03/05). Kesepakatan ini akan membantu partai kecil dalam koalisi untuk mengatasi aturan 10% suara minimal untu masuk ke parlemen.

Tanggal 06 Mei mendatang merupakan batas akhir yang diberikan Komisi Pemilihan untuk membentuk koalisi.

Sementara itu, partai penguasa (AKP) telah sepakat membentuk koalisi dengan Partai Gerakan Nasional (MHP).

Baca juga: Tantangan Geopolitik dan Percepatan Pemilu Turki

Baca juga: Pemilu Turki; Peluang dan Lawan Erdogan

Baca juga:Lebih Dekat dengan Meral Akşener, Politisi Wanita yang Disebut Pesaing Kuat Erdogan

Tampaknya kans Erdogan untuk memenangi pilpres masih sangat besar. Bahkan hingga saat ini belum ada partai lain yang mengajukan kandidatnya untuk melawan Erdogan, kecuali GP yang mengumumkan pencalonan Meral Akşener. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Membaca Arah Hubungan Rusia dan Israel