Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Ini 10 Partai yang Akan Berlaga di Pemilu Turki Mendatang

Ini 10 Partai yang Akan Berlaga di Pemilu Turki Mendatang

Ilustrasi. (anadolu)

dakwatuna.com – Ankara. Komisi Pemilihan Umum Turki mengumumkan 10 partai yang ‘bertarung’ dalam pemilu 24 Juni mendatang. Seperti diketahui, pemilu Turki dipercepat dari jadwal sebelumnya yaitu Februari 2019.

Dilansir dari Anadolu Arabıc, Senin (23/04/2018), Komisi Pemilihan menyebut telah selesai memeriksa persyaratan yang diperlukan partai-partai politik yang akan mengikuti pemilihan baik parlemen maupun presiden.

10 partai tersebut adalah Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP), Partai Turki Independen (BTP), Partai Persatuan Besar (BBP), Partai Rakyat Republik (CHP), Partai Demokrat (DP), Partai Demokratik Rakyat (HDP), Partai Baik (GP), Partai Gerakan Nasionalis (MHP), Partai Felicity (Saadet), dan Partai Nasional (MP).

Dari 10 partai tersebut, saat hanya ada lima (5) partai saja yang duduk di parlemen. Mereka adalah AKP, CHP,MHP, HDP, dan GP.

Masih menurut Komisi Pemilihan, pemilu akan digelar pada tanggal 26 Juni 2018, yang dimulai pada pukul 08:00 hingga 17:00 waktu setempat.

Pada Rabu (18/04) lalu Presiden Recep Tayyip Erdogan mengumumkan pemilu di negaranya dipercepat. Pemilu yang sejatinya baru akan digelar pada Februari 2019 itu dipercepat menjadi 24 Juni 2018.

Erdogan menegaskan, percepatan pemilu ini demi stabilitas dan keamanan negara. Ia mengaku, percepatan pemilu baru dibicarakan saat bertemu dengan Ketua Partai MHP, Devlet Bahçeli, beberapa saat sebelumnya.

Sebelumnya, pada 16 April 2017 lalu Turki menggelar referendum konstitusi. Beberapa hal menjadi poin penting termasuk perubahan sistem pemerintahan dari parlementer menjadi presidensial, penambahan jumlah anggota dewan dan pengurangan usia minimal pencalonan anggota parlemen. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5.00 out of 5)
Loading...

Tentang

Lihat Juga

Grand Launching SALAM Teknologi Solusi Aman Covid-19 untuk Masjid

Figure
Organization