Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Mantan Presiden Turki Segera Umumkan Sikapnya Terkait Pilpres

Mantan Presiden Turki Segera Umumkan Sikapnya Terkait Pilpres

Mantan Presiden Turki, Abdullah Gul. (Aljazeera)

dakwatuna.com – Ankara. Mantan Presiden Turki Abdullah Gul menyebut akan mengumumkan sikapnya dalam Pemilihan Presiden 24 Juni pada sebuah konferensi pers hari ini, Sabtu (28/04/2018). Seperti diketahui, beberapa hari terakhir muncul spekulasi yang menyebut Gul akan menghadapi incumbent, Recep Tayyip Erdogan.

Dilansir Aljazeera, hal itu disampaikan Gul sesaat setelah shalat Jumat di sebuah masjid di Istanbul. Menurutnya, perdebatan terkait percepatan pemilu merupakan satu hal yang wajar.

Dalam kesempatan itu, kepada wartawan Gul menyebut akan menggelar konferensi pers pada Sabtu (28/04) hari ini. Ia menambahkan, dalam konferensi pers itu lah akan diterangkan apakah ia akan maju atau tidak dalam kontestasi pilpres.

Baca juga: Pemilu Turki; Peluang dan Lawan Erdogan

Sebelumnya nama Gul ramai diperbincangkan akan melawan Erdogan dalam pilpres 24 Juni mendatang. Spekulasi muncul setelah Gul mengadakan pertemuan dengan dua partai oposisi, Partai Baik dan Partai Saadet, serta Mantan PM Turki Ahmet Davutoğlu.

Abdullah Gul adalah presiden Turki ke-11 yang menjabat pada tahun 2007 hingga 2011. Selain itu, Gul juga pernah menjabat sebagai perdana menteri, wakil perdana menteri serta menteri luar negeri Turki. Gul juga sahabat Erdogan dan salah satu pendiri AKP.

Baca juga: Lebih Dekat dengan Meral Akşener, Politisi Wanita yang Disebut Pesaing Kuat Erdogan

Baca juga: Tantangan Geopolitik dan Percepatan Pemilu Turki

Isu pencalonan Gul dalam Pilpres juga mendapat tanggapan dari PM Turki Binali Yildirim. Ia menduga ada suatu skenario di balik isu tersebut. “Tapi tampaknya proyek itu akan gagal,” imbuh Yildirim.

Sementara itu, Mantan PM Turki Ahmet Davutoğlu juga telah menyatakan sikapnya terkait pemilu Turki mendatang. ia menegaskan tidak akan melakukan manuver politik, dan sepenuhnya tunduk dengan keputusan Partai AKP.

Baca juga: Mantan PM Turki Bulat Dukung Erdogan

Lebih lanjut Davutoğlu juga menyatakan dukungannya kepada Erdogan. Menurutnya, Erdogan adalah satu-satunya kandidat presiden dari Partai AKP. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lihat Juga

Grand Launching SALAM Teknologi Solusi Aman Covid-19 untuk Masjid

Figure
Organization