Topic
Home / Berita / Internasional / Cina Tawarkan Tiga Tahap Penyelesaian Tragedi Rohingya

Cina Tawarkan Tiga Tahap Penyelesaian Tragedi Rohingya

    Muslim Rohingya hendak memakamkan jenazah anaknya yang masih berusia 5 bulan (aa.com.tr)

dakwatuna.com – Beijing. Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Cina, Senin (20/11/2017) menyebutkan, pihaknya telah menawarkan tiga tahap untuk menyelesaikan krisis Rohingya. Dilansir Alkhaleejonline.net, tahapan pertama dimulai dari gencatan senjata, yang juga didukung Myanmar dan Bangladesh.

Sejauh ini lebih dari 600 ribu muslim Rohingya melarikan diri ke Bangladesh. Hal ini akibat tindak kekerasan dan pembersihan etnis yang dilakukan militer Myanmar di provinsi Rakhine.

Tragedi Rohingya juga telah menjadi perhatian dan mengundang gelombang dunia internasional.

Sementara itu, melalui laman resminya, Kemenlu menyebut gencatan senjata harus dilanjutkan dengan perundingan untuk penyelesaian yang efektif. Ditambahkan, tahapan terakhir harus berupa upaya untuk mencapai penyelesaian masalah jangka panjang.

Menlu Cina, Wang Yi saat berkunjung ke Myanmar mengatakan, negaranya tragedi tersebut sangat mungkin diatasi selama penyelesaiannya diterima oleh Myanmar dan Bangladesh.

Wang menyatakan, gencatan senjata sudah terwujud, dan yang terpenting saat ini adalah mencegah adanya ledakan tindak kekerasan. Ia juga berharap, semua pihak segera menandatangani sebuah kesepakatan yang berkaitan dengan pemulangan para pengungsi.

Saat konferensi pers dengan Aung San Su Kyi, Wang mengatakan bahwa masyarakat internasional dan badan-badan PBB harus mendukung kedua negara (Myanmar dan Bangladesh, red). “Untuk menciptakan kondisi yang semestinya dan lingkungan yang baik,” imbuhnya. (whc/dakwatuna)

Sumber: Alkhaleej Online

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lihat Juga

Demonstran Minta Trump Merdekakan Hong Kong dari Cina

Figure
Organization