Topic
Home / Berita / Internasional / Pertemuan Menlu 9 Negara dan Pejabat Myanmar di New York Bahas Muslim Rohingya

Pertemuan Menlu 9 Negara dan Pejabat Myanmar di New York Bahas Muslim Rohingya

Ilustrasi. (aa.com.tr/ar)

dakwatuna.com – New York. Pertemuan internasional membahas penindasan Muslim Rohingya digelar di New York, Senin (18/09/2017) kemarin. Pertemuan ini digelar di sela-sela Sidang Umum ke-72 Perserikatan Bansa-Bangsa (PBB).

Dilansir dari aa.com.tr/ar, pertemuan dihadiri para Menlu dari Turki, Indonesia, Inggris, Bangladesh, Australia, Kanada, Swedia, Denmar dan Dubes AS untuk PBB. Selain itu, Menlu Myanmar dan Penasihat Keamanan Nasional Myanmar juga tampak hadir.

Boris Johnson, Menlu Inggris mengatakan, “Menlu 9 negara bertemu dengan pejabat tinggi Burma (Myanmar, red). Bertujuan mendorong mereka untuk mengakhiri kekerasan pada rakyat Rohingya dan mempersilahkan bantuan kemanusiaan masuk.”

Kepada wartawan, Johnson menambahkan, “Selain itu juga memastikan akses penuh dan tanpa hambatan terhadap bantuan kemanusiaan, menyeru penghentian kekerasan. Para peserta juga mendesak Burma untuk melaksanakan rekomendasi Komisi Annan (mantan sekjen PBB, Kofi Annan).”

Johnson melanjutkan, “Tidak diragukan bahwa Burma telah mengalami kemajuan demokrasi beberapa tahun terakhir. Namun, situasi di Rakhine, pelanggaran HAM berat dan kekerasan, merupakan aib bagi reputasi negara.”

“Oleh sebab itulah maka Burma tidak boleh terkejut mendapati dirinya di bawah tekanan internasional dan dalam agenda DK PBB,” tambahnya. (whc/dakwatuna)

Sumber: Anadolu Ajansi Arabic

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Ini Alasan Turki Beli Sistem Pertahanan dari Rusia

Figure
Organization