Topic Archives: pendidikan anak

Aku, Ibu yang Tercengang

Aku ingat, malam di bus menuju Solo, anakku mengirim pesan, 'Mak, ayuk!’ dan tak lama melantunlah ayat-ayat yang aku jarang dengar. Ketika Al-Quran di tanganku terbuka, aku melihat ujung ayat dan mengoreksi sedikit-sedikit. Putus asa, karena aku sendiri bukan Ustadzah dan masih harus belajar Tahsin. Juga masih banyak sekali halaman yang harus diselesaikan. Dan rasanya mimpi kalau anakku bisa menyelesaikannya.

Baca selengkapnya »

Pentingnya Pendidikan Anak Dalam Keluarga

Sebuah ketahanan nasional bangsa Indonesia ada di dalam keluarga itu sendiri. Keluarga adalah pondasi kuat yang harus dibentuk sedemikian rupa. Agar sebuah negara bisa berdiri dengan tegak dan kokoh. Pemerintah Indonesia harus mengembangkan potensi yang ada dalam keluarga. Sebuah pendidikan yang baik dan benar harus didukung. Pendidikan merupakan tonggak awal sebuah kesuksesan sebuah negara. Pendidkan formal dan informal terus diperbaiki. Rumah Alqur’an dan rumah tahfizh ditingkatkan kualitasnya. Sekali lagi penulis tekankan bahwasannya ketahanan keluarga adalah sebagai basis dalam pengokohan ketahanan nasional.

Baca selengkapnya »

Penguatan Peran Keluarga Dalam Pendidikan Anak di Era Digital

Beberapa solusi yang saya rasa dapat sedikit membantu permasalahan orang tua dalam mendidik anak diera digital ini terutama pendidikan di dalam keluarga yaitu; 1. Menjalankan fungsi dan tatanan keluarga dengan baik (yaitu kerjasama antara Ayah dan Bunda), 2. Membuat kesepakatan dengan anak, me-manage aktivitas harian mereka mulai dari bangun tidur hingga tidur lagi, tanpa mengekang hak bermainnya termasuk menikmati suguhan gadget mereka. Hal yang terpenting adalah, hindari menggunakan gadget saat bersama anak, karena hal itu akan membuat anak meniru prilaku buruk orang tua tersebut; 3. Ciptakan kebersamaan dengan anak sebaik mungkin (tanpa gangguan gadget), untuk melatih anak agar mereka selalu terbuka pada orang tua dan tidak mencari tempat curhat lain selain orang tuanya.

Baca selengkapnya »

Catatan Kecil dalam Mendidik Anak

Tiap pribadi itu khas, memiliki keunikan potensi dan memiliki jalur takdirnya sendiri. Tak peduli berapa puluh miliar manusia yang menjadi saingan, yang terpenting bukan yang orang lain lakukan, melainkan apa yang diri sendiri lakukan. Didiklah anak menjadi pribadi penjunjung kebenaran sejati, dunia hanyalah ladang untuk bekal kehidupan akhirat nanti. Mengutip perkataan Syaikh Mutawalli Asy-Sya’rawi, “Dunia ini terlalu penting untuk diabaikan, tapi terlalu sepele untuk dijadikan tujuan”.

Baca selengkapnya »

Orang Tua yang “Bisu”

Mulailah bebenah, tidak perlu saling menyalahkan. Mulai saat ini bermusyawarah dengan pasangan untuk menyamakan konsep pendidikan anak-anak, dengan anak-anak kita tentang segala hal karena kebanyakan orang tualah yang sebenarnya menjadi akar persoalan. Ketika anak sudah masuk pada fase tiga tahun kedua anak berhak mengetahui segala yang menyangkut masa depannya.

Baca selengkapnya »