Figure Archives: Asy-Syafi'i

Khutbah Idul Fitri 1438 H: Belajar dari Sejarah Perselisihan Ulama dan Umara [1]

Jika kita belajar dari sejarah, ternyata akibat dari perselisihan antara ulama dengan umara sangat luas, merugikan semua pihak, dan dirasakan oleh seluruh masyarakat. Bagi para ulama. Sepintas mereka terlihat seperti pihak yang kalah dan dirugikan akibat dari perseteruannya dengan umara. Banyak ulama besar yang diuji ketabahannya akibat berselisih dengan umara. Keempat imam mazhab dalam Ahlus Sunnah wal Jamaah, semuanya tak luput dari ujian tersebut.

Baca selengkapnya »

Jadilah Guru yang Berkarakter

Di sinilah urgensi melahirkan guru-guru berkualitas, guru yang mampu membangkitkan semangat besar dalam diri anak untuk menjadi aktor perubahan peradaban dunia dan guru yang mampu menjadi uswah bagi para muridnya. Karena sekali lagi bahwa tujuan pendidikan bukan hanya sekedar cerdas intelektualnya tapi jauh lebih penting dari itu, yakni perubahan perilaku yang baik. Berikut ini 11 karakteristik yang seharusnya dimiliki oleh guru:

Baca selengkapnya »

Menjaga Lisan

Betapa pentingnya menjaga lisan dalam kehidupan yang fana ini, karena Allah telah menjanjikan neraka terhadap orang-orang yang senantiasa tidak menjaga lisannya dengan baik, semoga kita termasuk kedalam golongan orang-orang yang selalu menjaga lisan dan dihindarkan dari siksa api neraka. Allahumma aamiin..

Baca selengkapnya »

Antara Novel Bamukmin, Fitsa Hats, dan Hukum Muslim Bekerja di Perusahaan Non-Muslim

Saya sebagai seorang Muslim sekaligus anggota masyarakat Indonesia yang sudah lama ber-Bhinneka Tunggal Ika, marilah kita semua hidup beragama yang sesuai dengan ajaran agama masing-masing serta hidup berbangsa yang baik dan harmonis. Apabila timbul suatu masalah yang menyangkut agama, pahami dan selesaikan sesuai dengan ajaran agama. Apabila timbul masalah yang menyangkut sosial, selesaikan secara kekeluargaan dan mengedepankan kedamaian dan akhlak yang baik.

Baca selengkapnya »

Mengapa Saya Harus Menulis?

Melihat kilas balik diatas. Membuat saya semakin bergetar dan semakin termotivasi. Bahwa saya tidak boleh berhenti menulis. Karena dengan satu tulisan saja, bisa sampai kemana-mana. Sebagai aktivis dakwah kampus. Dakwah bukan hanya di kampus saja, namun harus sampai kemana-mana. Dengan keterbatasan interaksi langsung dengan masyarkat. Tulisan kita yakin sampai pada mereka yang membutuhkan. Keep writting.

Baca selengkapnya »

Pelabelan yang Merugikan

Namun, jika diteliti semua pihak yang saling bersitegang ini masih mengucap kalimat syahadah yang sama. Mereka yang berbeda ini juga adakalanya duduk sekampung, tinggal sekomplek, rekan satu kerja atau organisasi dan boleh jadi satu keluarga juga. Sakit demam, kemalangan dan urusan jenazah (apabila menghadapi kematian) masih saling memerlukan. Kita hanya mampu berdo'a agar Allah turunkan petunjuk untuk kita agar sama-sama ikhlas dan bijak menghadapi perbedaan. Allahummahdina.

Baca selengkapnya »

Menulis dan Tanggung Jawab Ilmu

Menulis merupakan satu kegiatan keilmuan yang paling baik untuk mengembangkan ilmu yang kita miliki. Dengan menulis kita bisa menyampaikan berbagai informasi, perasaan, dan gagasan secara nyata sehingga bisa dilihat dan diketahui oleh khalayak umum. Namun, bagaimana apabila paradigma menulis telah dilandasi oleh kepentingan-kepentingan materi?

Baca selengkapnya »
Figure
Organization