Organization Archives: Muhammadiyah

Din: Koalisi Rusia-Dunia Islam Solusi Masalah Peradaban

Prof. Din Syamsuddin, mengatakan bahwa kolaborasi Rusia-Dunia Islam dapat menjadi alternatif terhadap penyelesaian masalah peradaban dewasa ini. Hal itu berdasarkan karena kedua pihak memiliki potensi besar, yang jika dipadukan akan menjadi kekuatan efektif dunia. Din mengatakan hal tersebut pada Pertemuan Tahunan ke-4 Grup Visi Strategis Rusia-Dunia Islam yang berlangsung di Makchkala, Republik Dagestan, Federasi Rusia.

Baca selengkapnya »

Sinergi Antar Gerakan Dakwah Islam di Dalam Menyongsong Kebangkitan Umat

Dalam sebuah perjalanan diharuskan untuk menunjuk seorang pemimpin. Apalagi dalam menyongsong kebangkitan umat. Biarlah Allah yang memilih siapakah pemimpin Islam, yang perlu dilakukan sekarang ialah bersinergi antar semua gerakan Islam untuk tujuan yang sama. Berhenti memenangkan ego dan hawa nafsu, hilangkan fanatisme atas mazhab maupun golongan, dan mulai berdialog dengan cara yang baik. Apabila semua gerakan saling bahu membahu, menolong dan bekerja sama maka akan ada jam’ah besar Islam dalam satu kekuatan yang bisa mewujudkan kebangkitan Islam itu sendiri, menolong saudara muslim di Negara lain yang sedang berperang, dan membantu untuk membebaskan nya dari penjajahan.

Baca selengkapnya »

Kesatuan Jiwa dan Semangat Para Kader Muhammadiyah

Setiap kader Muhammadiyah itu unik. Mereka akan merasa nyaman dan tumbuh rasa memiliki ketika mereka benar-benar telah menyelami tubuh Muhammadiyah secara saksama. Dan secara gamblang mereka akan turut andil bagian dalam menyumbangkan pemikiran dan kontribusi berkemajuan bagi umat dan bangsa ini tanpa harus menjadi seorang ustadz atau ulama. Bisa menjadi dokter, programmer, guru, petani, dan profesi lainnya. Karenanya dalam ber-Muhammadiyah itu seperti menaiki sebuah kendaraan. Tetapi dengan jalan dan tujuan keislaman guna menjaga ukhuwah keumatan.

Baca selengkapnya »

Peran Organisasi Islam Indonesia Sebagai Solusi Persatuan Umat

Dengan organisasi Islam di Indonesia pula, seperti Nahdlotul Ulama dan Muhammadiyah yang notabene organisasi terbesar di Indonesia di harapkan mampu menjaga kesatuan umat berbangsa dan bernegara di Indonesia, juga pemerintah harusnya menjadi pelopor dan pendorong masyarakat dalam mewujudkan kehidupan sosial yang harmonis. Selaras dengan UU No 7 tahun 2012 pasal 9 yang menyatakan bahwa, “Pemerintah dan Pemerintah Daerah wajib meredam potensi konflik sosial di masyarakat”.

Baca selengkapnya »