Topic
Home / Berita / Nasional / Muhammadiyah Aid Kirim Tim Medis ke Bangladesh

Muhammadiyah Aid Kirim Tim Medis ke Bangladesh

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

dakwatuna.com – Muhammadiyah Aid melepas Tim Medis yang berangkat ke Kota Cox’s Bazar di Bangladesh pada Jumat (22/9/2017). Salah satu bendera PP Muhammadiyah ini berangkat dalam misi kemanusiaan membantu para pengungsi Muslim Rohingya yang terusir dari kampung halaman mereka di provinsi Rakhine, Myanmar. Ratusan ribu pengungsi Rohingya yang menempati camp-camp pengungsian di wilayah tersebut hidup dalam kondisi sangat memprihatinkan. Tenda-tenda camp yang kurang layak membuat banyak pengungsi mulai diserang berbagai penyakit dan keluhan kelelahan fisik.

Tim Medis Muhammadiyah Aid yang dipimpin oleh Dr. Corona Setiawan berangkat ke Bangladesh. Tim yang beranggotakan tiga dokter dan sembilan perawat serta personel supervisi dari Lazismu ini langsung berkoordinasi dengan anggota Muhammadiyah Aid yang telah berada di Dhaka sejak tanggal 17 September lalu. Tim Muhammadiyah Aid yang telah melakukan kerjasama dengan LSM lokal di Cox’s Bazar akan melakukan pelayanan kesehatan sekaligus memberikan bantuan obat-obatan dan makanan nutrisi balita. Tim juga akan melakukan kajian mendalam untuk bantuan kemanusiaan jangka panjang dalam penanganan nasib Muslim Rohingya di Myanmar.

Sebelumnya pada bulan Januari lalu Muhammadiyah Aid telah melakukan analisis kebutuhan barang di Provinsi Rakhine sebelum terjadinya exodus ratusan ribu penduduk ke Bangladesh. Tim juga telah bertemu dengan pemerintah lokal termasuk mengunjungi 5 camp IDPs untuk memberikan bantuan. Pada bulan Mei, Muhammadiyah Aid kembali ke Myanmar dan bertemu dengan 14 LSM lokal, LSM Internasional/PBB, dan pemerintah kabupaten/kecamatan di sana. Pada tahapan selanjutnya, Tim masih akan menunggu kebijakan selanjutnya dari Pemerintah Myanmar sekaligus menunggu kemudahan akses untuk masuk provinsi Rakhine.

Komitmen Muhammadiyah Aid

Muhammadiyah Aid merupakan komitmen PP Muhammadiyah dalam melaksanakan amanah Muktamar untuk turut aktif dalam bantuan kemanusiaan internasional. Lazismu-lazismu di daerah juga diberi tanggung jawab untuk memberikan kontribusi donasi yang sangat besar demi misi bantuan ini. Tujuannya agar Lazismu ini bisa bergerak bersama dengan Majelis dan lembaga tingkat pusat dalam bendera Muhammadiyah Aid menyalurkan bantuan bagi saudara-saudara Muslim Rohingya.

Misi kemanusiaan ini selaras dengan komitmen bangsa Indonesia. Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia sejak awal telah membuka dialog secara intensif dengan pemerintah Myanmar tentang misi ini. Diikuti dengan pengiriman bantuan kebutuhan untuk pengungsi Rohingya.

Secara khusus PP Muhammadiyah menyampaikan terima kasih atas partisipasi serta keikhlasan bantuan terutama dari para warga dan simpatisan Muhammadiyah. Tidak lupa PP Muhammadiyah mengucapkan terima kasih juga kepada masyarakat umum. Bantuan dari seluruh bangsa Indonesia insya Allah akan disalurkan kepada saudara-saudara kita Muslim Rohingya. (sb/dakwatuna)

Redaktur: Samin Barkah

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lihat Juga

Polusi Ancam Kesehatan Pengungsi Muslim Rohingya di Bangladesh

Figure
Organization