Home / Berita / Internasional / Asia / Setelah Suriah, AS Berencana Tarik Pasukan dari Afghanistan

Setelah Suriah, AS Berencana Tarik Pasukan dari Afghanistan

Presiden Amerika Serikat Donald Trump bertopi koboi. (NBC 5)
dakwatuna.com – Washington. Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump kini mulai memikirkan untuk menarik pasukannya dari Afghanistan.

Hal itu sebagaimana laporan yang dirilis oleh Wall Street Journal (WSJ), Kamis (20/12/2018), menyusul penarikan pasukan AS dari Suriah.

WSJ menyebutkan, ada sekitar 7.000 pasukan AS yang akan dipanggil pulang. Jumlah itu hampir separuh dari keseluruhan jumlah pasukan AS yang ditugaskan di Afghanistan.

Saat ini, AS memiliki sekitar 14.000 pasukan di Afghanistan yang bertugas sejak tahun 2001 silam, menyusul serangan teroris di WTC New York, atau yang dikenal dengan Serangan 11 September.

Terkait waktu, WSJ mengklaim penarikan pasukan bisa dimulai dalam beberapa pekan mendatang.

Diketahui, sebelumnya Trump secara mengejutkan mengumumkan penarikan pasukannya dari Suriah. Tercatat ada sekitar 20.000 pasukan AS di Suriah yang bertugas untuk memimpin Koalisi Internasional melawan ISIS sejak 2014 silam.

Keputusan tersebut berdampak secara politik. Menhan AS yang tidak setuju dengan keputusan itupun memilih untuk mengundurkan diri dari jabatannya. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Komunitas Muslim Jerman Minta Aparat Jaga Seluruh Masjid

Organization