Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Moskow: Washington Dukung Pemerintahan Mandiri di Selatan Suriah

Moskow: Washington Dukung Pemerintahan Mandiri di Selatan Suriah

Jubir Kemenlu Rusia, Maria Zakharova. (aa.com.tr/ar)

dakwatuna.com – Moskow. Rusia menuding Amerika Serikat mendukung oposisi untuk mendirikan pemerintahan merdeka di Suriah selatan. Selain itu, Moskow juga menyebut pasokan senjata kepada oposisi diberikan melalui perbatasan Yordania.

Sementara itu, Rezim Suriah terus memobilisasi pasukannya untuk merebut kembali wilayah yang di luar kontrol di selatan Damaskus, seperti dikutip dari Aljazeera.net, Jumat (20/04/2018).

Maria Zakharova, Jubir Kemenlu Rusia mengatakan, pihaknya punya informasi terkait keinginan oposisi mendirikan wilayah otonomi di selatan Suriah. Menurutnya, Washington turut mendukung keinginan tersebut.

Sebelumnya, media Rusia ‘Interfax’ melaporkan, kelompok-kelompok oposisi terus berusaha memperluas wilayah kekuasaannya di selatan Damaskus, Daraa, Quneitra dan Suwayda. Selain itu, oposisi juga berencana melakukan serangan terkoordinir kepada pasukan rezim di sana.

Seorang sumber mengatakan, pihak oposisi berencana menguasai Daraa, al-Bath dan sekitarnya. Kemudian mereka akan mendirikan pemerintahan mandiri di bawah naungan AS dengan Daraa sebagai ibu kotanya.

Pada Sabtu (14/04) lalu rezim Suriah mengumumkan berhasil menguasai penuh Ghouta Timur. Para pengamat mengatakan, rezim akan bergerak ke arah selatan untuk merebut kembali wilayah yang terlepas. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Manipulasi Esemka

Figure
Organization