Home / Berita / Internasional / Asia / Edward Snowden: Mata-Mata Israel Bantu Tim Saudi dalam Pembunuhan Jamal Khashoggi

Edward Snowden: Mata-Mata Israel Bantu Tim Saudi dalam Pembunuhan Jamal Khashoggi

Edward Snowden dalam rekaman video yang ditampilkan di sebuah konferensi di Israel. (Aljazeera)
dakwatuna.com – Tel Aviv. Mantan kontraktor teknik Badan Keamanan Nasional (NSA) Amerika Serikat Edward Snowden angkat bicara soal kasus pembunuhan terhadap jurnalis Jamal Khashoggi di Konsulat Saudi di Istanbul 02 Oktober lalu.

Melalui rekaman video yang ditayangkan dalam sebuah konferensi di Israel, Snowden menyebut mata-mata Israel membantu Arab Saudi dalam melacak keberadaan Jamal Khashoggi.

Ia menambahkan, perusahaan NSA Israel adalah perusahaan penyedia jasa e-spy atau mata-mata elektronik. Disebutkannya, perusahaan semacam ini memungkinkan sebuah pemerintah melacak dan mengendalikan lawan-lawan politik mereka.

Lebih lanjut, Snowden juga mengungkap fakta bahwa program e-spy Israel telah menyasar seorang oposisi Saudi yang tinggal di Kanada. Sosok oposisi ini, imbuhnya, dikenal sebagai sahabat mendiang Khashoggi.

Dari fakta tersebut, menurut Snowden, sangat mungkin program sejenis juga digunakan Arab Saudi untuk mengintai, melacak, bahkan hingga membawa Khashoggi ke Konsulat Saudi di Istanbul.

Namun Snowden tidak memberikan bukti secara rinci yang menguatkan tuduhannya tersebut.

Edward Snowden saat ini mendapat suaka dan perlindungan dari Rusia. Pada 2013 lalu, ia bisa dikatakan menjadi musuh nomor satu Washington setelah membocorkan program-program sangat rahasia NSA Amerika kepada sejumlah media seperti The Guardiand dan Washington Post. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Meski Kalah, Ternyata 64 Persen Warga Israel Ingin Operasi Militer di Gaza Lanjut