Home / Berita / Internasional / Asia / Akankah Uni Eropa Satu Suara Sanksi Arab Saudi?

Akankah Uni Eropa Satu Suara Sanksi Arab Saudi?

Bendera Uni Eropa. (islammemo.cc)
dakwatuna.com – Berlin. Pemerintah Jerman menyebut pihaknya berharap Uni Eropa mengambil sikap bersama untuk membatasi penjualan senjata ke Arab Saudi. Hal itu diketahui sebagai bentuk sanksi kepada Riyadh atas terbunuhnya jurnalis Jamal Khashoggi 2 Oktober silam.

“Kami sepakat ketika ada keterangan lebih lanjut, dan kita tahu siapa di balik ini semua (pembunuhan Khashoggi), kami akan berupaya mencari sikap bersama Eropa atau respon yang mewakili semua negara anggota Uni Eropa untuk menunjukkan bahwa kami menjunjung asas kebersamaan,” kata Kanselir Jerman Angela Merkel dikutip dari Aljazeera.net, Ahad (28/10).

Pekan lalu, Jerman telah membekukan ekspor senjatanya ke Riyadh sebagai buntut dari pembunuhan Khashoggi. Menteri Ekonomi Jerman bahkan menyebutkan, negara-negara Uni Eropa harus menghentikan pasokan senjata untuk Arab Saudi.

Bahkan Menteri Jerman itu juga menyebut bahwa keterangan Saudi tentang pembunuhan Khashoggi hingga saat ini belum memuaskan.

Sementara itu, Presiden Prancis Emmanuel Macron juga menyebut sikap dan respon Eropa terhadap Saudi akan dikoordinasikan bersama. Bahkan ia juga telah berbicara kepada Putra Mahkota Saudi bahwa Prancis dan sekutunya mungkin akan ambil tindakan terhadap siapapun yang bertanggungjawab atas pembunuhan.

Sejauh ini, pemerintah Saudi telah menangkap 18 orang yang diduga terlibat dalam pembunuhan Khashoggi. Sementara pemerintah Turki menyampaikan 15 orang di antaranya berada di Istanbul di hari yang sama saat Khashoggi dinyatakan hilang. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Meski Kalah, Ternyata 64 Persen Warga Israel Ingin Operasi Militer di Gaza Lanjut