Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Emir Qatar Berbicara Tentang Pemboikotan di Hadapan Pemimpin Dunia

Emir Qatar Berbicara Tentang Pemboikotan di Hadapan Pemimpin Dunia

Emir Negara Qatar Syaikh Tamim bin Hamad Al Tsani. (Aljazeera)
dakwatuna.com – New York. Setelah lebih dari satu tahun pemboikotan atas Qatar, banyak fakta terungkap tentang adanya kampanye hasutan melawan Qatar. Demikian disampaikan Emir Negara Qatar Syaikh Tamim bin Hamad Al Tsani di hadapan para pemimpin dunia dalam acara Sidang Majelis Umum PBB di New York, Selasa (25/09).

Pemboikotan Qatar, imbuh Syaikh Tamim, sangat merusak reputasi negara-negara Dewan Kerja Sama Teluk (GCC). Menurutnya, kondisi itu menyebabkan kelumpuhan GCC dalam menanggapi isu-isu baik di kawasan maupun dunia.

Ia menambahkan, dunia kini mengakui tuduhan untuk membenarkan pemboikotan Qatar melanggar hukum internasional dan kode etik hubungan antar negara. Selain juga nilai-nilai yang berlaku di tengah masyarakat, imbuhnya.

Syaikh Tamim mencatat, selain pemboikotan juga ada rongrongan terhadap stabilitas negaranya serta perang ekonomi yang dilancarkan. Namun, ia menegaskan, fase itu justru menguatkan posisi Qatar serta mengonsolidasikan perannya sebagai mitra aktif di arena regional maupun internasional.

Perekonomian Qatar terus tumbuh dan stabil, tandasnya.

Selain pemboikotan, Syaikh Tamim juga berbicara tentang berbagai isu yang menjadi perhatian dunia saat ini.

Di antara yang disorotnya adalah polemik Suriah dan Yaman. Terkait Suriah, Emir berusia 38 tahun itu menyebut dunia tidak cukup mampu menyelesaikan koflik yang telah berjalan tujuh tahun tersebut.

Sedangkan Yaman, Syaikh Tamim menegaskan sikap negaranya yang mendukung persatuan, kedaulatan dan perdamaian Yaman. ia juga menyeru seluruh pihak untuk segera melakukan rekonsiliasi nasional berdasarkan Resolusi PBB No. 2216. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lihat Juga

Grand Launching SALAM Teknologi Solusi Aman Covid-19 untuk Masjid

Figure
Organization