Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Qatar: Pemboikotan Memisahkan Suami-Istri dan Memutus Hubungan Kekeluargaan

Qatar: Pemboikotan Memisahkan Suami-Istri dan Memutus Hubungan Kekeluargaan

Ketua Komnas HAM Qatar, Ali Smaikh al-Marri. (al-watan.com)

dakwatuna.com – Athena. Ketua Komisi Nasional HAM Qatar, Ali Smaikh al-Marri, mendesak Yunani untuk berperan aktif mengakhiri pemboikotan terhadap negaranya. Seperti diketahui, Yunani merupakan anggota Uni Eropa (UE) dan Parlemen Eropa, yang diharapkan mampu menggalang suara internasional.

Dilansir dari Al-Watan.com, Senin (29/01/2018), hal itu disampaikan al-Marri saat berkunjung ke Athena, ibukota Yunani. Saat wawancara dengan surat kabar Kathimerini, ia mengungkapkan dampak pemboikotan bagi Teluk dan Qatar. Al-Marri juga menyeru dukungan internasional untuk mengutuk tindakan Arab Saudi, UEA, Bahrain dan Mesir, terhadap negaranya.

Lebih lanjut al-Marri menjelaskan, sejak pemboikotan pihaknya menyiapkan  laporan berkala terkait pelanggaran HAM. Pelanggaran terjadi di beberapa bidang seperti kesehatan, pendidikan, reunifikasi keluarga, kepemilikan pribadi dan kebebasan bergerak.

Masih menurut al-Murri, daftar pelanggaran-pelanggaran tersebut telah diajukan ke Komisi HAM Internasional. Selain itu, pihaknya juga berusaha membawa daftar itu ke parlemen-parlemen dunia.

Al-Murri menambahkan, pemboikotan secara langsung menargetkan kehidupan rakyat di kawasan tersebut. Pemboikotan, jelasnya, telah mengakibatkan pisahnya suami-istri, pecahnya hubungan keluarga, dan upaya memutuh hubungan kekeluargaan di antara negara Teluk.

“Ada penduduk yang terancam status kewarganegaraannya dicabut jika tetap berada di Qatar. Ada pula rakyat Qatar yang harus diusir dari rumah sakit, dan terancam masa depan pendidikannya. Semua itu hanya karena mereka rakyat Qatar. Selain juga banyak investor yang terancam kerugian besar,” jelasnya. (whc/dakwatuna)

Sumber: Al-Watan

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lihat Juga

Grand Launching SALAM Teknologi Solusi Aman Covid-19 untuk Masjid

Figure
Organization