Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Qatar Berencana Perkuat Kerja Sama Militer dengan AS

Qatar Berencana Perkuat Kerja Sama Militer dengan AS

Menhan Qatar (kanan) berbicara dalam dialog strategis Qatar-AS. (Aljazeera.net)

dakwatuna.com – Washington. Menteri Pertahanan (Menhan) Qatar, Khalid al-Attiyah mengatakan, negaranya bertekad memperkuat kerja sama militer dengan Amerika Serikat (AS). Hal itu disampaikannya pada awal dimulainya dialog strategis Qatar-AS di Washington, Senin (29/01/2018).

Dilansir dari Aljazeera.net, Al-Attiyah menyebut pimpinan militer Qatar bersama Pentagon akan memperkuat kerja sama militer dalam rangka Visi 2040. Ia menjelaskan, dalam visi itu juga diatur tentang hosting Angkatan Laut AS.

Dalam kesempatan tersebut, Al-Attiyah menegaskan, negaranya tidak akan membiarka pihak manapun memanipulasi harga minyak dan gas. Menurutnya, tindakan itu kekanak-kanakan dan harus segera diakhiri.

“30% dari perusahaan kami adalah perusahaan AS, seperti ExxonMobil. Kami juga punya ladang gas terbesar di dunia. Mitra kami adalah ExxonMobil, dan mungkin menjadi mitra abadi,” lanjut al-Attiyah.

Sementara koresponden Aljazeera di Washington mengatakan, Menhan Qatar menekankan dalamnya kerja sama strategis antara militer kedua negara. Kerja sama itu juga mencakup kesepaktan beberapa pangkalan udara. Selain kesiapan Qatar untuk membuka pelabuhan sebagai pangkalan bagi Angkatan Laut AS.

Koresponden menambahkan, Al-Attiyah juga berbicara tentang krisis teluk yang masih berlangsung. Menurutnya, Presiden Donald Trump adalah satu-satunya yang mampu menyelesaikan krisis hanya dengan satu kali pembicaraan telepon saja. (whc/dakwatuna)

Sumber: Aljazeera

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Manipulasi Esemka

Figure
Organization