Topic
Home / Berita / Daerah / Anies Janjikan Program Kepemilikan Rumah Untuk Semua Warga Jakarta

Anies Janjikan Program Kepemilikan Rumah Untuk Semua Warga Jakarta

Anies Baswedan tampak sedang berfoto dengan warga penghuni Rusunawa Pesakih. (IST)
Anies Baswedan tampak sedang berfoto dengan warga penghuni Rusunawa Pesakih. (IST)

dakwatuna.com – Jakarta. Calon gubernur DKI Jakarta nomor urut 3 Anies Baswedan mengungkapkan, dalam salah satu programnya jika terpilih sebagai gubernur DKI Jakarta yaitu adanya program kepemilikan rumah untuk semua warga DKI Jakarta.

Dalam siaran persnya kepada dakwatuna.com, Senin (28/11/2016), Anies mengaku, pihaknya telah merencanakan kerja sama antara BUMN dan Pemda mengenai kredit rumah murah yang diperuntukkan di dalam rumah susun (rusun) maupun warga di luar rusun.

“Intinya adalah kita ingin warga Jakarta bisa memiliki rumah, baik di tanah yang fungsinya-statusnya hak milik maupun statusnya hak guna. Jadi dengan begitu, maka warga-warga di jakarta ini bukan hanya selalu menyewa tapi mereka juga bisa memiliki rumah,” kata Anies, saat mengunjungi Warga kawasan Rusunawa Pesakih, Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat, Senin (28/11/2016). Hal ini sebagai respons Anies terhadap aspirasi para penghuni rusun yang sebagian besar merupakan korban penggusuran.

Anies melanjutkan, walaupun dengan sistem kredit, mereka yang memiliki rumah akan mendapatkan peningkatan nilai/harga dalam beberapa tahun ke depan. Sedangkan bagi yang tidak memiliki rumah, mereka tidak mempunyai peningkatan aset. “Karena itu demi keadilan, maka program kita harus pada pengadaan aset bagi warga, termasuk di antaranya aset rumah,” papar mantan Rektor Paramadina ini.

Anies berharap tidak akan ada sistem sewa lagi yang dibebankan ke warga Jakarta. Jaminan inipun tidak hanya dilakukan di rumah susun tapi untuk seluruh warga Jakarta. “Nanti kita pun bertahap berubah kepemilikan dari rusunawa menjadi rusunami. Kita akan mengarah ke sana. Program kepemilikan akan dilakukan di seluruh Jakarta,” tutup Anies. (abr/dakwatuna)

Redaktur: Abdul Rohim

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Seorang suami dan ayah

Lihat Juga

Grand Launching SALAM Teknologi Solusi Aman Covid-19 untuk Masjid

Figure
Organization