Topic
Home / Berita / Daerah / Tak Usung Kader Sendiri, Ini Pertimbangan PKS Usung Anies-Sandi

Tak Usung Kader Sendiri, Ini Pertimbangan PKS Usung Anies-Sandi

Pilkada DKI
Anies Baswedan-Saniaga Uno, Pasangan yang diusung Gerindra dan PKS pada Pilkada DKI 2017. (kompas.com)

dakwatuna.com – Jakarta.  Langkah mengejutkan diambil Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dalam menentukan cagub-cawabug pada Pilkada DKI kali ini.

Setelah sebelumnya sempat menawarkan duet Sandiaga Uno-Mardani Ali Sera sebagai pasangan yang akan diusung, Partai Gerindra dan PKS akhirnya mengusung Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

Dinamika politik yang berubah sangat cepat jelang pendaftaran cagub-cawagub DKI pada Kamis (23/9/2016) kemarin menyisakan banyak pertanyaan. Apa alasan PKS setuju tak usung kader sendiri di Pilgub DKI?

Berikut penuturan Presiden PKS Muhamad Sohibul Iman dikutip dari detikcom, Ahad (25/9/2016)

“Politik tidak linier, selalu ada perubahan konstelasi sehingga kita harus merespons situasi yang berubah tersebut dengan tepat sekaligus proporsinal,” ucap Presiden PKS Sohibul Iman.

Sohibul mengatakan dalam menentukan cagub-cawagub, PKS mengutamakan dua hal yaitu spirit kebersamaan satu poros dan prospek kemenangan. Atas spirit itulah PKS dengan kesepahaman bersama Gerindra rela melepas cawagub ke pihak lain.

“Pihak yang dijajaki di antaranya Ustad Yusuf Mansyur, Yoyok Sudibyo, Agus Harimurti, Anies Baswedan, dan lain-lain dengan pertimbangan dan strategi yang tidak bisa saya sampaikan di sini,” papar Sohibul.

“Dari semua ikhtiar tersebut juga kami mendiskusikan dengan intensif terkait kemungkinan Yusril-Sandi,” imbuhnya.

Namun dari berbagai pertimbangan itu akhirnya Gerindra dan PKS setuju mengusung Anies Baswedan sebagai cagub dan Sandiaga Uno sebagai cawagub di Pilgub DKI Jakarta 2017.

“Tentu ini ijtihad politik dalam batas ruang dan waktu yang ada kami menganggap itu ijtihad paling optimal,” terang Sohibul.

Sohibul yakin dan berharap keluarga besar PKS memahami hasil ijtihad ini. Tentu tidak bisa memuaskan semua pihak, dan tidak terlepas dari kekurangan.

“Tapi dengan semangat kebersamaan untuk menyukseskan hasil ijtihad ini, Insya Allah kekurangan-kekurangan tadi akan bisa kita sempurnakan menuju kemenangan,” kata Sohibul.

Selain itu, Sohibul juga mengatakan bahwa pasangan Anies-Sandiaga memiliki integritas yang sangat baik dan telah membuktikan sebagai yang terbaik dibidangnya masing-masing.

(baca: Anies-Sandi Dinilai Memiliki Integritas yang Sangat Baik)

Saya rasa tidak perlu menceritakan keberhasilan keduanya sebab keberhasilan di bidang masing-masing sudah teruji,” kata Sohibul Iman saat deklarasi cagub-cawagub DKI Jakarta Anies-Sandi, di kediaman Prabowo Subianto, Jakarta, Jumat (23/9/2016).

Anies-Sandi, lanjut Sohibul Iman, memiliki basis konstituen masing-masing yang akan memberikan sumbangan bagi proses pemenangan di DKI.

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Doa dan Munajat untuk Keselamatan Dalam Menghadapi Pandemi COVID-19

Figure
Organization