Topic Archives: Kemerdekaan

Merdeka Itu Ketika Bebas Dari Belenggu

Kemerdekaan itu tidaklah dapat diraih tanpa kerja keras, perjuangan tanpa kenal lelah, siang dan malam hidup dengan cara bergerilya. Sebuah harapan dalam doa dan ikhtiar mereka agar anak cucunya kelak dapat merasakan kenikmatan hidup tidak seperti keadaan yang mereka rasakan. Tertindas, terbelenggu, susah beribadah karena tekanan dari para penjajah.

Baca selengkapnya »

Bambu Setia Indonesiaku

Terkadang aku berpikir, tak salah orang yang menebang bamboo tiang bendera di sekolahku. Mungkin mereka kasihan melihat bamboo yang berdiri kesepian, sementara guru sibuk membicarakan kesejahteraan yang jauh dari harapan. Murid-murid pun sibuk mencatat pelajaran di buku sambil didiktekan teman. Bagaimanakah rasa nasionalisme akan dapat terus diwariskan jika estafet itu terhenti di tengah perjalanan, di tangan kita para guru-guru yang selalu melimpahkan kewajiban. Aku tak tahu pasti sampai kapan bamboo kan mampu terus setia seperti Ini. Yang jelas bamboo setia Indonesiaku telah jadikan mukaku tertunduk malu.

Baca selengkapnya »

Katanya Indonesia Sudah Merdeka?

Kalau memang Negara yang kau sebut Indonesia itu sudah merdeka Tak perlu lagi ada duka, kabut asap merajalela, hingga hinaan dari luar sana Mestinya berdikari dalam mengelola sumberdaya Kita ini hebat, Sumber daya manusia kita pintar, jenius luar biasa Apa lagi soal Sumber daya alam, jelas kita terkaya di dunia Surga seolah pernah bocor dan meneteskan keindahan serta kemakmuranya di bumi Indonesia

Baca selengkapnya »

Merah Putih Berkibar di Tanah Ciherang

MI Ciherang menjadi satu-satunya sekolah yang tidak meliburkan siswanya pada saat perayaan HUT RI ke 70, hampir semua sekolah yang berada di wilayah kecamatan Cibaliung baik swasta maupun negeri siswanya diliburkan, bahkan seminggu sebelum hari perayaan hari Ulang Tahun RI ke 70 sekolah-sekolah yang berada di wilayah cibaliung dan beberapa kecamatan lainnya sudah meliburkan siswanya.

Baca selengkapnya »

Merdeka, Wajib atau Sunnah

“Kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa. Dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan”. Tentunya, makna alinea pertama dalam Mukadimah UUD 1945 ini merupakan intisari dari arah tujuan Negara Indonesia dibentuk.

Baca selengkapnya »

Sang Pemimpin Bangsa

Ketika pemimpin tersebut telah lahir maka cita-cita kemerdekaan yang digariskan sejak awal pra kemerdekaan oleh para pejuang akan kita nikmati secara hakiki. Di momentum kemerdekaan bangsa Indonesia, semoga pemimpin hari ini mampu menunaikan janji untuk mengumpulkan kepingan mozaik harapan bangsa Indonesia yang telah lama terlupakan. Merdeka bangsaku merdeka negeriku.

Baca selengkapnya »

Kemerdekaan yang Hakiki

Kemerdekaan hakiki adalah saat manusia bebas dari segala bentuk penjajahan, eksploitasi dan penghambaan kepada sesama manusia. Mewujudkan kemerdekaan hakiki itu merupakan misi dari Islam. Islam diturunkan oleh Allah SWT untuk menghilangkan segala bentuk penjajahan, eksploitasi, penindasan, kezaliman dan penghambaan terhadap manusia oleh manusia lainnya secara umum.

Baca selengkapnya »