Figure Archives: Shalahuddin Al-Ayyubi

Khutbah Idul Fitri 1438 H: Kekuatan Fitrah Bagi Penyelamatan Pribadi, Umat, Bangsa, dan Kemanusiaan

Fitrah Islam yang telah kita gapai dengan perjuangan taqarub kepada Allah sebulan penuh ini harus terus kita jaga, bahkan kita tumbuh kembangkan dari hari ke hari, bulan ke bulan dan tahun ke tahun. Sehingga hidup kita secara pribadi, berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara bahkan dalam tatanan kemanusiaan umumnya akan menjadi semakin baik dan barakah dunia dan akhirat.

Baca selengkapnya »

Pahlawan dari Masa ke Masa

Kepahlawanan adalah tentang kepiawaian memimpin, mengemban amanah, dan menegakkan neraca keadilan. Sehingga kegembiraan Umar atas kedatangan Jabalah bin Aiham yang datang dengan pasukan dan segala lambang kebesaran tak membuatnya kagok dan sungkan untuk menyidang raja dari Ghassan tersebut dan mendudukkannya sejajar dengan pria jelata yang mengadu telah di pukul karena tak sengaja menginjak ujung kain mewahnya ketika tawaf.

Baca selengkapnya »

Membaca Peta Perang Turki di Suriah

Tiga peristiwa besar bagi Turki berturut-turut terjadi dalam waktu relatif dekat. 15 Juli 2016: Kudeta gagal kelompok teroris Gulen. 1 Agustus 2016: Runtuhnya pertahanan pasukan Assad di Aleppo Selatan. Dan terakhir, 24 Agustus 2016: Pembebasan Jarablus dari cengkeraman kelompok teroris dunia: ISIS. Apakah semua ini terjadi semudah Turki membalik tangan?

Baca selengkapnya »

Kolaborasi Perjuangan

DR. Halim Mahmud menuliskan dalam karyanya yang berjudul Fiqh Al-Ukhuwah fi Al-Islami, “Orang-orang yang berukhuwah dalam Islam harus saling mengokohkan kekuatan satu sama lain dalam skala dunia Islam dengan melakukan perencanaan, koordinasi, dan segala persiapan yang mesti dilakukan. Kemenangan itu tidak lain hanyalah dari sisi Allah. Dia akan menolong dan memenangkan siapa saja yang di kehendaki-Nya. Dia Maha Perkasa lagi Penyayang”

Baca selengkapnya »

Jangan Pernah Bosan Membela Palestina

Dengan atau tanpa kita, Palestina telah digariskan Allah kembali merdeka. Yang jadi pertanyaan bagi kita adalah; Akankah nama kita tertulis di langit sebagai hamba yang memperjuangkannya? Atau terlantar sebagai penonton yang pandai berkomentar sampai berbusa-busa, kemudian hanya memandang terpaku ketika ia telah terbebas? Naudzubillah min dzalik. Jangan pernah bosan membela Palestina, baik dengan doa, harta, fikiran dan raga. Wallahu A’lam.

Baca selengkapnya »

Film Islami Indonesia dan Krisis Cinta

Sebut saja film yang belum lama ini rilis, Alif Lam Mim, film yang disebut bagus oleh sebagian netizen. Juga ada film Islami yang nyata-nyata pembahasannya hanya mengenai cinta dan kegalauan pencarian jodoh. Ini kemudian membuat saya berpikir, apakah umat Islam Indonesia juga kehausan cinta? Saya rasa, tak perlu ada bumbu kisah cinta semacam itu dalam pembuatan film-film Indonesia. Karena sebagian besarnya adalah penganut Islam, yang mesti sudah paham akan makna cinta sejati, pengejawantahan cinta yang luhur kepada keluarga, kepada Allah SWT dalam ibadah, cinta kepada Nabi SAW, kepada sesama.

Baca selengkapnya »

Shalahuddin Al-Ayyubi, Panglima yang Agung

Sepanjang hidupnya, beliau acapkali menyandang sebuah peti yang ditutup rapat. Orang-orang menyangka peti itu berisi permata atau benda berharga lain. Namun, kala Shalahuddin telah wafat petinya dibuka dan ternyata hanya berisi helaian kain kafan, segumpal darah dan secarik surat wasiat. Dalam suratnya Shalahuddin berpesan, “Kafankanlah aku dengan kain kafan yang pernah dibasahi air zam-zam ini, yang pernah mengunjungi Ka'bah yang mulia dan makam Rasulullah. Tanah ini adalah sisa-sisa perang. Buatlah kepalan untuk alas kepalaku di dalam kubur.”

Baca selengkapnya »