Figure Archives: Abu Hurairah

Kezuhudan Para Ulama Besar

Bukan menjadi hal yang mudah menjalani hidup dalam keterbatasan dan kesederhanaan. Tapi tahukah kita bahwa orang-orang besar yang namanya harum semerbak di zaman ini terlahir dari pribadi yang penuh kezuhudan terhadap dunia. Syekh Ibnu Khaldun dalam bukunya yang berjudul Muqaddimah menjelaskan bahwa kebanyakan para Dai, Imam Masjid, bahkan Imam Madzhab tidaklah mereka hidup bergelimang harta. Dan kehidupan yang demikian ini tidaklah dijalani dengan keterpaksaan dan ketidak-ikhlasan, tapi murni pilihan mereka demi mengabdikan diri kepada umat.

Baca selengkapnya »

Khutbah Idul Fitri 1437 H: Agar Kemesraan Tak Segera Berlalu

Puasa menciptakan harmoni hubungan antar jasad dan ruh, antar fisik dan jiwa dan menjadikan jiwa sebagai pusat kendali. Harmoni hubungan antara langit dan bumi. Insan bertakwa adalah yang kakinya menjejak bumi namun kepalanya menjelajah langit. Yang berjalan di tengah manusia, bergaul dan bergumul, memberi dan menerima. Perkataan dan perbuatannya bersumber dari jiwa dan hati yang sepenuhnya berada dalam genggaman Ar-Rahman, Tuhannya. Itulah suasana Ramadhan yang indah dan penuh kemesraan.

Baca selengkapnya »

Saat Sujud, Dahulukan Lutut atau Tangan?

Ibnul Qayyim mengatakan: Dahulu Rasulullah ﷺ meletakkan lututnya sebelum tangannya, kemudian tangannya, lalu diikuti dengan keningnya dan hidungnya. Inilah yang shahih yang diriwayatkan oleh Syarik dari ‘Ashim bin Kulaib dari ayahnya, dari Wail bin Hujr, dia berkata: “Aku melihat Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, jika dia sujud dia meletakkan lututnya sebelum tangannya, dan jika dia akan bangkit, dia mengangkat tangannya sebelum lututnya. Dan tidak ada riwayat yang bertentangan dengan apa yang dilakukannya itu.” Selesai.

Baca selengkapnya »

Man Jadda Wajada

Bila dilihat dari masing-masing suku kata, kata Man berarti siapa, Jadda berarti bersungguh-sungguh, sementara Wajada berarti berhasil, maka bila di artikan secara keseluruhan, kata Man Jadda Wajada memiliki makna "barang siapa yang bersungguh-sungguh maka ia akan berhasil". Dari pepatah ini kesungguhan menjadi kata kuncinya atau aspek pokok dalam meraih hajat atau impian seseorang, tanpa kesungguhan ini tentu harapan dan impian itu hanyalah bak kelebat angin yang lewat saja.

Baca selengkapnya »

Abu Hurairah Digugat?

Menggugat krebilitas Abu Hurairah sebagai perawi yang tsiqah maka secara tidak langsung juga menolak sekitar seribuan hadis yang terdapat dalam kitab Sahih Bukhari. Pilihan yang cukup berat, bukan? Maka dari itu, tulisan ini hanya berupa perangsang untuk memicu adrenalin pembaca untuk melakukan kajian yang lebih kritis dan serius. Harapannya, dari kajian yang serius itu dapat meletakkan Abu Hurairah pada posisi yang tepat dan benar.

Baca selengkapnya »

Bedah Buku “Antara Umar dan Khalid” yang Langsung Ludes di Cetakan Pertama

Event Organizer For Us (Forum untuk Semua) menggelar acara bedah buku karya terbaru Hepi Andi Bastoni, Ahad (23/8/2015) di Ruang Serbaguna Masjid al-Ghifari MMB IPB Bogor. Buku berjudul Antara Umar dan Khalid ini dibedah langsung oleh penulisnya Hepi Andi Bastoni dan Hilman Rosyad Syihab. Dengan dihadiri sekitar 100 peserta, acara ini berlangsung khidmat dan penuh antusias.

Baca selengkapnya »
Organization