Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Innalillahi… Khatib Masjidil Aqsha Wafat di Sudan

Innalillahi… Khatib Masjidil Aqsha Wafat di Sudan

Syaikh Muhammad Siam. (Iqna)

dakwatuna.com – Khartoum. Mantan Khatib Masjidil Aqsa, Al-Quds Timur, Syaikh Muhammad Siam, berpulang ke rahmatullah akibat penyakit stroke yang dideritanya.

“Siam telah meninggal dunia di satu rumah sakit di Sudan,” sebut Gerakan Perlawanan Islam, Hamas dalam pernyataan resminya, seperti dikutip dari kantor berita Anadolu, Sabtu (16/02/2019).

“Syaikh Siam adalah seorang pemimpin besar Palestina, seorang ulama hebat, seorang penulis Arab dan simbol bagi rakyat Palestina,” imbuh Hamas.

Syaikh Siam pernah menjabat sebagai Rektor Universitas Islam di Jalur Gaza. Namun pada tahun 1988, Zionis Israel mendeportasinya ke Sudan dengan tuduhan keanggotaan dalam Hamas.

Pada tahun 1994, Syaikh Siam meninggalkan Sudan ke Yaman, di mana ia menjabat sebagai Presiden Liga Palestina dan seorang wakil Hamas di sana. Ia juga menjabat sebagai dekan Institut Abdullah al-Ahmar untuk Studi Al-Quds di Yaman.

Setelaj konflik Yaman pecah tahun 2014 lalu, Syaikh Siam kembali ke Sudan dan tinggal di sana hingga kemudian meninggal pada Jumat (15/02/2019) waktu setempat.

Selain menjadi khatib dan penulis, Syaikh Siam dianggap sebagai salah satu penyair Palestina paling terkenal. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lihat Juga

Konflik Air Antara Ethiopia, Sudan, dan Mesir

Figure
Organization