Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Duduk Berdampingan dengan Menlu Yaman, Netanyahu: Kami Ukir Sejarah

Duduk Berdampingan dengan Menlu Yaman, Netanyahu: Kami Ukir Sejarah

PM Israel Benyamin Netanyahu (kiri) duduk di samping Menlu Yaman Khaled Yamani. (Debka)

dakwatuna.com – Warsawa. Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu, tampak duduk berdampingan dengan Menteri Luar Negeri Yaman, Khaled al-Yamani. Momen langka itu terjadi saat penutupan Konferensi Keamanan Timur Tengah yang digelar di Warsawa, Polandia.

Netanyahu pun angkat bicara soal momen kedekatannya dengan Khaled itu. Dalam cuitannya di Twitter, Kamis (14/02/2019), ia menganggap hal tersebut sangat bersejarah.

PM Zionis Israel itu tampak mengunggah tangkapan layar media berbahasa Ibrani yang terdapat foto dirinya duduk berdampingan dengan Khaled. Di atas foto itu, Netanyahu menulis keterangan berbunyi, “Kami mengukir sejarah.”

Konferensi tersebut diinisiasi oleh Amerika Serikat, dengan peserta dari negara-negara Arab dan Barat. Ancaman Iran menjadi pokok pembahasan dalam agenda tersebut, sehingga banyak pihak menyebutnya sebagai KTT Anti-Iran.

Di sela-sela KTT, Netanyahu juga tampak mendapat kunjungan dari Menlu Kesultanan Oman di tempat singgahnya selama di Warsawa.

Isu rekonsiliasi antara negara-negara Arab dan Israel kian berhembus kencang. Sebelumnya, Netanyahu bahkan menyebut Israel memiliki hubungan baik dengan semua negara Arab, kecuali Suriah.

Pada Desember 2018 lalu, seorang Rabi Amerika bernama Marc Schneier menyebut ada sejumlah alasan yang membuat kedekatan Israel dan Arab semakin cepat. Salah satu di antaranya, adalah pengumuman penarikan pasukan AS dari Suriah. Tak hanya itu, Schneier juga mengungkap kunjungan rahasia Netanyahu ke Bahrain.

“Keluarnya AS dari Suriah bisa mempercepat kedekatan Israel dengan negara-negara Teluk,” kata Schneier. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Manipulasi Esemka

Figure
Organization