Home / Berita / Internasional / Asia / Sssttt… Direktur Mosad Pernah Kunjungi Saudi Tahun 2014

Sssttt… Direktur Mosad Pernah Kunjungi Saudi Tahun 2014

Raja arab Saudi, Salman bin Abdulaziz. (aa.com.tr)

dakwatuna.com – Tel Aviv. Direktur Intelijen Luar Negeri Israel (Mosad) periode 2011-2016, Tamir Pardo pernah melakukan kunjungan rahasia ke Arab Saudi tahun 2014 silam. Hal terungkap melalui siaran Televisi Israel seperti dilansir dari Anadolu Arabic, Rabu (13/02/2019).

Diketahui bersama, sejauh ini hanya ada dua negara Arab yang memiliki hubungan resmi dengan Isreal, yaitu Mesir dan Yordania. Selebihnya tidak ada negara Arab yang menjalin hubungan dengan Zionis, meskipun isu rekonsiliasi Arab-Israel tengah berhembus kencang.

Laporan Televisi Israel itu berdasarkan pada keterangan dua orang diplomat Barat yang enggan diungkap identitasnya.

Menurut mereka, pada akhir 2013, setelah penandatanganan perjanjian nuklir sementara antara Iran dan negara-negara besar, terjadi terobosan besar dalam hubungan antara Israel dan Arab Saudi.

Disebutkan, beberapa pekan setelah penandatanganan perjanjian nuklir Iran tersebut, tepatnya pada awal tahun 2014, Direktur Mosad Tamir Pardo melakukan kunjungan rahasia ke Riyadh.

Saat itu, Arab Saudi yang khawatir hubungan Amerika Serikat (AS) dan Iran membaik, melihat Israel sebagai pendukung kuat untuk menghadapi Iran. Oleh karenanya, Arab Saudi pun sepakat untuk pertama kalinya menerima pejabat tinggi Zionis.

Diketahui, Israel menganggap Iran sebagai musuh utama, begitupun sebaliknya. Sementara Arab Saudi dan Iran terlibat persaingan pengaruh di kawasan Timur Tengah. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Komunitas Muslim Jerman Minta Aparat Jaga Seluruh Masjid

Organization