Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / WSJ Sebut Netanyahu ‘Kemungkinan’ Akan Berkunjung ke Arab Saudi

WSJ Sebut Netanyahu ‘Kemungkinan’ Akan Berkunjung ke Arab Saudi

PM Israel Benyamin Netanyahu. (Aljazeera)
dakwatuna.com – Washington. Akankah Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu akan berkunjung ke Arab Saudi dalam waktu dekat untuk bertemu dengan Putra Mahkota Muhammad bin Salman (MBS)?

Pertanyaan tersebut dilontarkan oleh jurnalis Amerika Karen Elliott House dalam artikelnya di Wall Street Journal.

House menyebutkan, kunjungan Netanyahu ke Saudi jika benar terjadi seharusnya tidak mengejutkan banyak orang. Pasalnya, selama dua tahun berkuasa, pemerintahan Donald Trump di Amerika Serikat (AS) telah berusaha mati-matian untuk mendekatkan Israel dan Saudi.

Lebih lanjut House menambahkan, MBS saat ini tengah berusaha keras untuk menutup halaman ‘keterlibatannya’ dalam pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi 2 Oktober silam. Menurutnya, kunjungan Menlu AS Mike Pompeo pekan ini akan sangat menguntungkan bagi MBS.

Diketahui, Penasihat Keamanan Nasional AS John Bolton berkunjung ke Israel pada Sabtu mendatang. Di waktu yang sama, Pompeo juga akan mendarat di Amman, Yordania dalam safari kunjungannya ke 8 ibu kota Arab.

Pompeo juga akan berpidato di Kairo, Mesir sebelum kemudian bertolak menuju Riyadh pada awal pekan depan.

Tujuan utama kunjungan Pompeo kali ini adalah mengeratkan koalisi bersama AS dan Arab dalam upaya menekan pengaruh Iran di wilayah tersebut. Seperti yang banyak diberitakan, baik Saudi maupun Israel sama-sama khawatir dengan ekspansi Iran di Kawasan. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lihat Juga

Grand Launching SALAM Teknologi Solusi Aman Covid-19 untuk Masjid

Figure
Organization