Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Status Suriah Jadi Pembahasan Utama dalam KTT Ekonomi Arab di Lebanon

Status Suriah Jadi Pembahasan Utama dalam KTT Ekonomi Arab di Lebanon

Plakat bertuliskan Republik Arab Suriah. (Aljazeera)
dakwatuna.com – Beirut. KTT Ekonomi Arab, yang diselenggarakan oleh Beirut pada hari ini waktu setempat, akan membahas rancangan resolusi yang disiapkan oleh para menteri luar negeri pada 29 poin agenda.

Dilansir dari Aljazeera, Ahad (20/01/2019), beberapa poin yang paling menyita perhatian di antaranya, adalah dukungan investasi untuk negara-negara tuan rumah bagi pengungsi Suriah, serta pendirian Uni Bea Cukai Arab.

Anehnya, perwakilan tinggi setingkat kepala negara sangat minim dalam KTT pembuka KTT Liga Arab yang akan digelar beberapa waktu mendatang. Hanya ada tiga kepala negara yang hadir, yaitu Emir Qatar Syaikh Tamim bin Hamad Al Tsani, Presiden Mauritania Mohamed Ould Abdel Aziz serta Presiden Lebanon Michel Aoun selaku tuan rumah.

Para kepala negara lain menyatakan ketidakhadiran mereka di detik-detik akhir tanpa alasan yang jelas, seperti Presiden Tunisia dan Presiden Somalia.

Isu kembalinya Suriah ke pangkuan Liga Arab juga ramai dihembuskan. Bahkan, Menlu Lebanon dengan tegas menyebut Suriah harus dirangkul kembali ke pangkuan Liga Arab.

Sementara, Sekjen Liga Arab dalam sebuah pernyataannya menyebutkan, status Suriah harus ditentukan berdasarkan bersama seluruh negara anggota.

Diketahui, keanggotaan Suriah di Liga Arab dinonaktifkan dalam beberapa tahun terakhir. Keputusan itu menyusul huru-hara dan konflik yang terjadi di negara itu sejak tahun 2011 silam. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lihat Juga

Grand Launching SALAM Teknologi Solusi Aman Covid-19 untuk Masjid

Figure
Organization