Home / Berita / Internasional / Asia / Tak Bisa Kalahkan Hamas, Menhan Israel Mengundurkan Diri

Tak Bisa Kalahkan Hamas, Menhan Israel Mengundurkan Diri

Menlu Zionis Israel, Avigdor Lieberman. (ajnad.news.com)
dakwatuna.com – Tel Aviv. Menteri Pertahanan Israel Avigdor Lieberman mengajukan pengunduran diri dari jabatannya, Rabu (14/11/2018). Hal itu dilakukan kurang dari 24 jam sejak pengumuman gencatan senjata antara Israel dengan faksi perlawanan Palestina di Jalur Gaza.

Dilansir dari Aljazeera.net, pengunduran diri diumumkan Lieberman saat memimpin rapat tertutup Partai Yisrael Beiteinu. Dalam pertemuan ia mengatakan “Saya telah memutuskan mundur dari jabatan saya”.

Disinyalir keputusan Tel Aviv yang menerima tawaran Mesir untuk gencatan senjata di Gaza menjadi penyebab keputusannya itu. Hal ini mengingat Lieberman menganggap kesepakatan gencatan senjata sama saja dengan “menyerah pada teroris”.

“Tidak ada kejelasan dalam pandangan politik dan keamanan pemerintah saat ini. Sepertinya sudah saatnya untuk mempercepat waktu pemilihan umum,” kata Lieberman.

Menurut orang dekat PM Israel Benyamin Netanyahu, pengunduran diri Lieberman akan berdampak pada pembubaran Parlemen Israel (Knesset).

“Jika ia (Lieberman) mundur, Knesset akan segera dibubarkan dan pemilu akan digelar bulan depan,” jelasnya.

Sementara itu, Pimpinan Hamas Sami Abu Zuhri menyebut pengunduran diri Lieberman sebagai pengakuan kekalahan. Selain juga menunjukkan lemahnya Israel dalam menghadapi perlawanan Palestina.

Sebelumnya, gencatan senjata Hamas dan Israel disepakati atas mediasi dari Mesir. Kesepakatan itu menyusul saling serang kedua pihak dalam dua hari terakhir. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Sumber: Emir Qatar Tidak Akan Hadir KTT Teluk 2018 di Riyadh

Organization