Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Erdogan: Pembunuhan Jurnalis Jamal Khashoggi Direncanakan di Arab Saudi

Erdogan: Pembunuhan Jurnalis Jamal Khashoggi Direncanakan di Arab Saudi

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. (TRT World)
dakwatuna.com – Ankara. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyebut pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi telah direncanakan sebelumnya di Arab Saudi. Hal itu ia sampaikan dalam pidatonya di hadapan anggota parlemen dari AKP, Selasa (23/10/2018).

Dalam kesempatan tersebut, Erdogan menyebut Khashoggi pertama kali mengunjungi Konsulat Saudi di Istanbul pada tanggal 28 September. Keperluannya adalah untuk mengurus surat pernikahan dengan seorang wanita Turki, Hatice Cengiz.

“Bisa dipahami bahwa tim yang melakukan perencanaan dan pembunuhan terhadap Khashoggi telah diberi tahu tentang kunjungannya itu,” kata Erdogan.

Setelah kunjungan Khashoggi pertama, Erdogan menambahkan, beberapa staf Konsulat Saudi segera kembali ke negara mereka. “Itu indikasi bahwa persiapan dan perencanaan pembunuhan Khashoggi dilakukan di sana,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Erdogan juga menjelaskan soal kedatangan 15 orang dari Saudi ke Istanbul. Mereka tiba dalam tiga waktu yang dan disebutnya sebagai tim satu, dua dan tiga. Selanjutnya, ada dari mereka yang melakukan pengintaian di taman kota Belgrad Forest di Istanbul dan di Provinsi Yalova.

“Pertama, hard drive di sistem CCTV Konsulat dihilangkan. Khashoggi yang sebelumnya tiba dari London di hari itu, masuk ke dalam Konsulat pada pukul 13:08 dengan berjalan kaki. Dan setelah itu, tidak terdengar lagi kabar tentangnya,” lanjut Erdogan.

Erdogan lalu menyebutkan bahwa tunangan Khashoggi, Hatice, menghubungi pihak berwenang Turki pada pukul 17:50. Ia memberi kabar tentang Khashoggi yang tak kunjung keluar dari gedung Konsulat.

Seperti diketahui, Khashoggi ternyata terbunuh dalam sebuah perkelahian di dalam Konsulat sesaat setelah ia masuk. Hal itu sebagaimana pengakuan resmi dari Arab Saudi pada Sabtu (20/10) lalu. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lihat Juga

Grand Launching SALAM Teknologi Solusi Aman Covid-19 untuk Masjid

Figure
Organization