Home / Berita / Internasional / Asia / UEA, Mesir dan Ulama Saudi Puji Keputusan Riyadh Soal Tewasnya Khashoggi

UEA, Mesir dan Ulama Saudi Puji Keputusan Riyadh Soal Tewasnya Khashoggi

Jurnalis asal Arab Saudi Jamal Khashoggi. (Aljazeera)
dakwatuna.com – Riyadh. Uni Emirat Arab (UEA), Mesir dan Dewan Ulama Senior Saudi memuji keputusan Riyadh terkait kasus jurnalis Jamal Khashoggi. Hal itu dilakukan setelah Saudi secara resmi mengakui bahwa Khashoggi terbunuh di dalam Konsulat di Istanbul 2 Oktober lalu.

Pujian dari UEA sebagaimana disampaikan melalui mulut Menlu Abdullah bin Zayed al Nahyan. Ia mengatakan, “Perhatian besar untuk mengetahui kebenaran tentang hal ini, terwujud dalam arahan Raja Salman bin Abdulaziz dan seluruh keputusannya yang menjunjung tinggi keadilan dan transparansi serta akuntabilitas hukum yang adil.”

Sementara Dewan Ulama Senior menyebut langkah Riyadh Sesuai dengan hukum Islam. Disebutkan, keputusan Raja Salman terkait kematian Khashoggi menunjukkan “keadilan, kesetaraan dan berdasarkan pada syariah Islam”.

Sedangkan Mesir, mengapresiasi hasil penyidikan awal yang diumumkan oleh Jaksa Agung Arab Saudi. Kairo juga menekankan prosedur peradilan yang dilakukan Saudi ditentukan oleh fakta-fakta kejadian dan jauh dari politisasi apapun.

Sebelumnya, Saudi menyebut Khashoggi tewas setelah berkelahi dengan 18 orang di dalam Konsulat Saudi di Istanbul. Mereka yang terlibat, kini telah ditangkap. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Erdogan: Jangan Tutup-tutupi Fakta Pembunuhan Khashoggi