Home / Berita / Internasional / Asia / Pembunuhan Khashoggi, Trump: Tindakan Saudi Tidak Dapat Diterima

Pembunuhan Khashoggi, Trump: Tindakan Saudi Tidak Dapat Diterima

Raja dan Putra Mahkota Arab Saudi. (Al Jazeera)
dakwatuna.com – Riyadh. Presiden AS Donald Trump mengatakan bahwa penjelasan Arab Saudi tentang bagaimana Khashoggi terbunuh dapat dipercaya. Namun ia menyebut peristiwa yang dialami Khashoggi di dalam Konsulat Saudi di Istanbul “tidak dapat diterima”.

Berbicara kepada wartawan di Pangkalan Angkatan Udara Luke di Arizona, Trump mengatakan kematian Khashoggi adalah “peristiwa mengerikan”. Selain itu, ia mengapresiasi pengakuan kematian Khashoggi sebagai “langkah awal yang baik”.

“Arab Saudi telah menjadi sekutu besar, tetapi apa yang terjadi tidak dapat diterima,” kata Trump.
Menyinggung soal sanksi kepada Riyadh, Trump menyebut sanksi tidak termasuk pembatalan kesepakatan pertahanan yang diketahui bernilai fantastis.

Setelah beberapa pekan mengelak, kini Arab Saudi untuk pertama kalinya mengakui jurnalis Jamal Khashoggi terbunuh saat berkunjung ke Konsulat Saudi di Istanbul 2 Oktober lalu.

Pernyataan Saudi pada Sabtu (19/10/2018) menyebutkan, pria kelahiran 1958 itu tewas dalam sebuah perkelahian di dalam gedung Konsulat. 18 orang yang diduga terlibat juga telah ditangkap.

Pengakuan Saudi jelas bertentangan dengan pernyataannya selama ini. Bahkan, ketika kasus menghilangnya Khashoggi terungkap, Putra Mahkota Saudi Muhammad bin Salman (MBS) dengan tegas menyebut Khashoggi telah pergi meninggalkan Konsulat setelah urusannya selesai.

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Erdogan: Jangan Tutup-tutupi Fakta Pembunuhan Khashoggi