Home / Berita / Internasional / Asia / Partai Oposisi Turki Desak Pemerintah Tinjau Ulang Hubungan dengan Saudi

Partai Oposisi Turki Desak Pemerintah Tinjau Ulang Hubungan dengan Saudi

Erdogan dan pemimpin CHP, Kemal Kılıçdaroğlu. (al-monitor)
dakwatuna.com – Ankara. Ketua Partai Rakyat Republik (CHP) Turki, Kemal Kılıçdaroğlu mendesak pemerintah segera meninjau ulang hubungan dengan Kerajaan Arab Saudi. Selain juga mencari tahu keberadaan penulis Jamal Khashogi dari pihak berwenang Saudi.

Menurutnya, semua diplomat yang memiliki kekebalan harus dideportasi dan dikonfirmasi keterlibatannya dalam insiden ini. Selain itu pemerintah juga harus mengumumkan bahwa orang-orang tersebut tidak diinginkan berada di Turki.

“Karena kehidupan seorang manusia manapun tidak murah,” kata Oglu, seperti dikutip dari Aljazeera.net, Rabu (10/10).

Lebih lanjut, Oglu menyebut demokrasi di Turki sangat dipertanyakan jika pemerintah tidak mampu melindungi seorang wartawan asing.

Ia juga menuntu para pejabat Turki segera menemukan orang-orang yang bertanggung jawab atas menghilangnya Khashoggi.

Sebelumnya, Ankara mengumumkan bahwa Riyadh telah mengizinkan pemeriksaan terhadap gedung Konsulat Saudi di Istanbul. Hal itu guna memastikan dimana keberadaan Khashoggi yang telah sepekan menghilang.

Jamal Khashoggi terakhir kali diketahui memasuki gedung Konsulat Saudi pada Selasa (02/10) lalu. Sejak saat itu, keberadaannya tidak diketahui hingga kini.

Pihak berwenang Turki sempat mengumumkan bahwa Khashoggi terbunuh di dalam gedung Konsulat. Namun, Arab Saudi segera membantah keterangan tersebut. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Kekuatan Diplomatik Turki Selamatkan 4 Juta Orang di Idlib, Suriah