Home / Berita / Internasional / Asia / Erdogan Pastikan Turki-AS Akan Atasi ‘Periode Penuh Gejolak

Erdogan Pastikan Turki-AS Akan Atasi ‘Periode Penuh Gejolak

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. (Aljazeera)
dakwatuna.com – Washington. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan memastikan negaranya dan Amerika Serikat akan mengatasi ‘periode turbulen’ seperti saat ini.

“Kemitraan strategis kami, yang telah melalui banyak kesulitan, akan mengatasi periode yang bergejolak ini,” kata Erdogan dalam pidatonya di Konferensi Investasi Turki ke-9 yang diselenggarakan Dewan Bisnis Turki-AS (TAIK) di New York, Rabu (26/09).

Dalam kesempatan tersebut, Erdogan menyatakan tidak setujuannya dengan pemerintahan Presiden Donald Trump. Seperti dalam isu Organisasi Teror Fethullah (FETO), perang melawan terorisme, Al-Quds, Yaman, Suriah dan sanksi “uji hubungan Turki-Amerika.

Erdogan mengatakan, ia percaya bahwa Turki dan AS harus berjalan jauh dalam hubungan keduanya. Terutama berkaitan dengan organisasi teror FETO, serta PYD/ PKK, imbuhnya.

Erdogan mengatakan beberapa kalangan di pemerintahan Trump menganggap mereka dapat menyelesaikan perbedaan dengan Turki melalui ancaman, tekanan, dan pemerasan.

Dia mempertanyakan mengapa AS melindungi pemimpin FETO Fetullah Gulen, menambahkan: “Apakah kita bukan mitra strategis?”

Erdogan mengatakan FETO aktif di 27 negara bagian AS dan memiliki sertifikat sekolah di sana.

FETO dan pemimpinnya di AS, Fetullah Gulen dituduh mendalangi kudeta yang kalah 15 Juli 2016 yang menyebabkan 251 orang gugur dan hampir 2.200 orang terluka.

Ankara juga menuduh FETO berada di belakang kampanye jangka panjang untuk menggulingkan negara melalui infiltrasi institusi Turki, khususnya militer, polisi dan pengadilan. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Negara-negara Eropa Dukung Penuh Turki Usut Tuntas Kasus Khashoggi