Home / Berita / Internasional / Asia / Ankara Ganti Nama Jalan di Depan Kedubes AS dengan ‘Jalan Ranting Zaitun’

Ankara Ganti Nama Jalan di Depan Kedubes AS dengan ‘Jalan Ranting Zaitun’

Kantor Kedubes AS di Ankara. (Aljazeera.net)

dakwatuna.com – Ankara. Pemerintah Ankara mengubah nama jalan di depan kantor Kedutaan Besar Amerika Serikat (Kedubes AS) menjadi Jalan Ranting Zaitun. Perubahan ini ditanda tangani oleh Walikota Ankara, Mustafa Touna, Senin (12/02/2018).

“Aku menandatangani perubahan nama jalan di depan Kedubes AS dari Nozad Tandogan menjadi Ranting Zaitun (Olive Branch),” tulis Touna melalui akun twitternya, seperti dilansi Aljazeera.net. Diketahui, Ranting Zaitun merupakan nama untuk operasi militer Turki di Afrin Suriah.

Operasi tersebut diluncurkan pertama kali pada 20 Januari lalu. Pihak Ankara menegaskan, operasi tersebut bertujuan untuk menghadirkan zona aman di perbatasan Suriah, dengan memberantas milisi kurdi yang tergabung dalam PKK/PYD/YPG dan milisi  ISIS.

Sementara itu, Washington sejak awal mengecam keras operasi militer Turki tersebut. Dalam keterangan Gedung Putih disebutkan, Presiden Donald Trump mendesak Turki agar menghentikan konflik dan menentukan batasan dari operasi tersebut.

Jauh sebelumnya, para pejabat tinggi Turki telah mendesak Washington agar menghentikan bantuan kepada milisi Kurdi di Suriah. Namun, tampaknya desakan itu tidak diindahkan.

Terkait perubahan nama jalan, hal itu bukan pertama kali dilakukan oleh Turki. Sebelumnya, pemerintah Ankara juga mengganti nama jalan di depan Kedubes Uni Emirat Arab menjadi jalan Fakhri Pasya. Ini merujuk pada ketegangan yang dipicu oleh pernyataan Menlu UEA yang dinilai melecehkan pejuang Ottoman, Fakhrudin Pasya. (whc/dakwatuna)

Sumber: Aljazeera

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

WikiLeaks Ungkap Motif Uni Emirat Arab Memboikot Qatar

Organization