Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Ankara Ganti Nama Jalan di Depan Kedubes AS dengan ‘Jalan Ranting Zaitun’

Ankara Ganti Nama Jalan di Depan Kedubes AS dengan ‘Jalan Ranting Zaitun’

Kantor Kedubes AS di Ankara. (Aljazeera.net)

dakwatuna.com – Ankara. Pemerintah Ankara mengubah nama jalan di depan kantor Kedutaan Besar Amerika Serikat (Kedubes AS) menjadi Jalan Ranting Zaitun. Perubahan ini ditanda tangani oleh Walikota Ankara, Mustafa Touna, Senin (12/02/2018).

“Aku menandatangani perubahan nama jalan di depan Kedubes AS dari Nozad Tandogan menjadi Ranting Zaitun (Olive Branch),” tulis Touna melalui akun twitternya, seperti dilansi Aljazeera.net. Diketahui, Ranting Zaitun merupakan nama untuk operasi militer Turki di Afrin Suriah.

Operasi tersebut diluncurkan pertama kali pada 20 Januari lalu. Pihak Ankara menegaskan, operasi tersebut bertujuan untuk menghadirkan zona aman di perbatasan Suriah, dengan memberantas milisi kurdi yang tergabung dalam PKK/PYD/YPG dan milisi  ISIS.

Sementara itu, Washington sejak awal mengecam keras operasi militer Turki tersebut. Dalam keterangan Gedung Putih disebutkan, Presiden Donald Trump mendesak Turki agar menghentikan konflik dan menentukan batasan dari operasi tersebut.

Jauh sebelumnya, para pejabat tinggi Turki telah mendesak Washington agar menghentikan bantuan kepada milisi Kurdi di Suriah. Namun, tampaknya desakan itu tidak diindahkan.

Terkait perubahan nama jalan, hal itu bukan pertama kali dilakukan oleh Turki. Sebelumnya, pemerintah Ankara juga mengganti nama jalan di depan Kedubes Uni Emirat Arab menjadi jalan Fakhri Pasya. Ini merujuk pada ketegangan yang dipicu oleh pernyataan Menlu UEA yang dinilai melecehkan pejuang Ottoman, Fakhrudin Pasya. (whc/dakwatuna)

Sumber: Aljazeera

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lihat Juga

Grand Launching SALAM Teknologi Solusi Aman Covid-19 untuk Masjid

Figure
Organization