Home / Berita / Internasional / Asia / Turki dan AS Sepakat Hentikan Pasokan Senjata Kepada Teroris PKK/PYD

Turki dan AS Sepakat Hentikan Pasokan Senjata Kepada Teroris PKK/PYD

Jubir Kepresidenan Turki. (aa.com.tr/ar)

dakwatuna.com – Ankara. Dilansir dari aa.com.tr/ar, Sabtu (27/01/2018), Turki dan Amerika Serikat (AS) sepakat untuk menghentikan pasokan senjata kepada milisi teroris PKK/ PYD.

Disebutkan, kesepakatan terjadi dalam pembicaraan telepon antara Penasihat Kemanan Nasional AS, Jendral H.R McMaster, dengan Jubir Kepresidenan Turki, İbrahim Kalın.

Menurut sumber dari Kepresidenan Turki, keduanya melakukan pembicaraan telepon pada Jumat (26/01) malam waktu setempat.

Sumber menyebutkan, keduanya membahas seputar operasi militer ‘Ranting Zaitun’ Turki di kota Afrin Suriah. Turki menegaskan, operasi itu dilakukan sesuai hukum internasional dan bertujuan membantu penduduk sipil Afrin dari gangguan milisi kurdi.

Selain itu, keduanya juga membahas tentang upaya memberantas organisasi-organisasi teroris yang ada di Suriah, seperti PYD/YPG/PKK, ISIS dan yang lainnya. Selain juga membicarakan proses transisi politik di Suriah.

Lebih lanjut, Kalın dan McMaster sepakat untuk menghentikan pasokan senjata kepada milisi teroris PKK/PYD. Mereka juga sepakat untuk memperhitungkan kembali masalah keaman Turki di wilayah perbatasannya.

Selain masalah Suriah, kedua belah pihak juga saling sepakat untuk meningkatkan hubungan antara Turki dan AS, atas dasar kepentingan dan saling menghormati. (whc/dakwatuna)

Sumber: Anadolu Ajansı Arabıc

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Pecahkan Kaca dengan Kepala, WN Turki Ini Selamat dari Serangan Teroris di Selandia Baru

Organization