Topic
Home / Berita / Internasional / Amerika / UEA, Arab Saudi dan Israel Bersatu Gulingkan Rezim Iran

UEA, Arab Saudi dan Israel Bersatu Gulingkan Rezim Iran

Perang proksi Saudi vs Iran (Aljazeera)
dakwatuna.com – Washington. Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Duta Besar UEA untuk Amerika Serikat dan Direktur Mossad Israel, bersatu untuk menggulingkan rezim berkuasa di Iran. Ketiganya diketahui menggelar pertemuan di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB ke-73 di New York.

Berbicara di hadapan Penasihat Keamanan Nasional AS John Bolton dan Menlu AS Mike Pompeo, Menlu Saudi Adel al-Jubeir menyerukan penggulingan rezim Iran. Menurutnya, negara beribu kota di Teheran itu tidak akan berubah atas kemauannya sendiri.

“Kecuali adanya tekanan internal yang kuat, aku tak percaya mereka akan terbuka,” kata al-Jubeir dalam konferensi United Against Nuclear Iran (UANI) di New York. Konferensi ini dihadiri oleh negara-negara penentang kesepakatan nuklir Iran 2015.

“Bagaimana bisa kita bernegosiasi dengan negara yang ingin membunuhi kami,” al-Jubeir mengatakan dalam sambutannya, yang dikutip surat kabar UEA The National.

Saudi dan UEA menyambut baik keputusan AS keluar dari kesepakatan nuklir Iran pada bulan Mei lalu. Kesepakatan yang juga dikenal dengan Rencana Aksi Komprehensif Gabungan (JCPOA) itu berisi persetujuan Iran untuk membatasi program nuklirnya dengan imbalan keringanan sanksi.

Selain itu, Dubes UEA di Washington Yousef al-Otaiba mengatakan, tekanan eksternal diperlukan dan menjadi kunci dalam mengubah arah Iran.

“Aku pikir setiap kalibrasi ulang kebijakan luar negeri Iran akan datang dari kebijakan eksternal,” kata Otaiba. Menurutnya, isolasi terhadap Teheran harus didukung penuh oleh kekuatan Eropa, negara-negara Asia, dan tentu saja Amerika Serikat.

“Jika rudal diluncurkan di Arab Saudi dan UEA apa reaksi yang akan terjadi dan bagaimana kita akan bertahan?” imbuhnya.

“Aku menanyakan itu sebagai hipotetis, tapi itu tidak benar-benar hipotetis. Negara-negara Teluk, Israel dan negara-negara di sekitar akan berhadapan dengan risiko secara langsung.” (whc/dakwatuna)

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lihat Juga

Grand Launching SALAM Teknologi Solusi Aman Covid-19 untuk Masjid

Figure
Organization