Home / Berita / Internasional / Amerika / Pertemuan Trump dan Putin, Bahas Pengusiran Iran dari Suriah?

Pertemuan Trump dan Putin, Bahas Pengusiran Iran dari Suriah?

Presiden Donald Trump dan Presiden Vladimir Putin. (Aljazeera.net)
dakwatuna.com – Moskow. Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Presiden Rusia Vladimir Putin dijadwalkan bertemu pada 16 Juli mendatang di Helsinki, Finlandia. Para pengamat menilai, isu-isu besar akan menjadi pembahasan kedua presiden tersebut.

Termasuk di antara isu yang diyakini jadi pembahasan adalah berkaitan dengan krisis di Suriah. Bahkan sejumlah media menyebut pengusiran pasukan Iran dari Suriah menjadi pokok pembahasan keduanya.

Namun rupanya prediksi itu dibantah langsung oleh Kremlin. Melalui juru bicaranya, Dmitry Peskov dikatakan, tidak ada pembicaraan soal pengusiran pasukan Iran dari Suriah.

Peskov menambahkan, krisis Suriah akan menjadi isu untuk saling bertukar pendapat antara Trump dan Putin. Namun pengambilan keputusan terkait keberadaan Iran di Suriah sangat tidak mungkin mengingat Teheran tak ada dalam pertemuan.

Pekan lalu Peskov menyebut rincian krisis di Suriah akan menjadi pembicaraan Trump-Putin di Helsinki. “Tidak diiragukan lagi bahwa pertemuan akan membahas secara rinci tentang Suriah,” imbuhnya.

Peskov, seperti dilansir dari Aljazeera, juga mengomentari kemungkinan Trump membahas soal intervensi Rusia dalam pemilihan presiden AS. Menurut Peskov, Putin dengan tegas akan menolak tudingan yang diarahkan ke Rusia tersebut.

Putin sangat siap untuk normalisasi hubungan dengan Amerika Serikat, imbuhnya. Kesiapan sesuai dengan yang ada pada Washington.

Pertemuan Helsinki antara Trump dan Putin ternyata dikecam keras oleh anggota Partai Demokrat Amerika. Mereka beranggapan, pertemuan merupakan hadiah Washington untuk Kremlin.

Pertemuan Trump dan Putin terakhir kali terjadi pada November tahun lalu, di sela-sela KTT Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) di Vietnam. Saat itu Trump mengumumkan keinginannya untuk normalisasi hubungan dengan Moskow.

Selasa mendatang (10/07) Trump dijadwalkan tiba di ibu kota Belgia, Brussel. Di sana ia akan mengikuti pertemuan anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO). (whc/dakwatuna)

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Mahathir Muhammad Kritik Kebijakan Trump