Home / Berita / Internasional / Amerika / Emir Qatar Janjikan Pendidikan untuk Satu Juta Anak Perempuan

Emir Qatar Janjikan Pendidikan untuk Satu Juta Anak Perempuan

Emir Negara Qatar (tiga dari kanan) saat mengikuti konferensi meja bundar di New York. (Aljazeera)
dakwatuna.com – New York. Emir Qatar Syaikh Tamim bin Hamad Al Tsani berjanji akan memberi pendidikan berkualitas untuk satu juta anak perempuan pada tahun 2021.

Hal itu disampaikan dalam sebuah konferensi meja bundar di sela-sela kunjungan Emir Qatar ke New York, Amerika Serikat. Emir berusia 38 tahun itu direncanakan turut hadir dalam Sidang Majelis Umum PBB ke-73, yang akan dimulai hari ini, Selasa (25/09).

Dikutip dari Aljazeera.net, konferensi tersebut mengambil tema: “Dialog Pemimpin; Bersama untuk Pendidikan bagi Anak Perempuan di Tengah Konflik dan Kondisi Rapuh”.

Dalam agenda tersebut, PM Kanada Justin Trudeau mengundang semua peserta untuk berpartisipasi dalam “Deklarasi Karlovo”. Deklarasi itu berisi penyediaan pendidikan berkualitas untuk anak perempuan dan wanita di negara berkembang.

Emir Qatar juga menyampaikan dukungan untuk deklarasi tersebut. Bahkan ia menyebut Qatar telah memberi ruang prioritas untuk pendidikan baik dalam maupun luar negeri sejak waktu yang lama. Menurutnya, hal itu tercermin dalam program bantuan pembangunan internasional Qatar.

Dalam hal perhatian Qatar pada pendidikan, Syaikh Tamim menyebut negaranya sebagai pelopor resolusi PBB tentang hak atas pendidikan dalam situasi darurat pada tahun 2010.

Banyak negara, imbuh Emir Qatar, telah mendukung inisiatif pendidikan baik global maupun regional. Ia juga menyampaikan rasa bangga atas program Teach a Child. Baru-baru ini, program tersebut telah berhasil membantu 10 juta anak-anak putus sekolah untuk mendapatkan pendidikan dasar yang berkualitas.

Konferensi meja bundar itu membahas sejumlah permasalahan. Para pemimpin yang hadir saling bertukar pikiran terkait cara terbaik menghadapi hambatan bagi anak perempuan kepada akses pendidikan berkualitas. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Sumber: Emir Qatar Tidak Akan Hadir KTT Teluk 2018 di Riyadh

Organization