Home / Berita / Internasional / Asia / Cina Berhasil Ungkap dan Eksekusi 30 Mata-mata AS

Cina Berhasil Ungkap dan Eksekusi 30 Mata-mata AS

Bendera Amerika Serikat dan Cina. (Aljazeera)
dakwatuna.com – Beijing. Majalah Foreign Policy menyebut pemerintah Cina berhasil mengeksekusi keberadaan 30 orang yang bekerja untuk Badan Intelijen Pusat Amerika (CIA) selama dua tahun.

Cina secara sistematis berhasil membongkar jaringan mata-mata CIA di seluruh wilayah negara tersebut mulai akhir 2010 hingga awal 2012, imbuh laporan FP pada Rabu (15/08) lalu.

Disebutkan, fakta itu menunjukkan kegagalan terburuk bagi CIA dalam beberapa dasawarsa terakhir. Para pejabat intelijen AS juga segera melakukan koreksi internal untuk mengatasi hal tersebut.

Menurut lima pejabat yang disebut FP, setidaknya ada tiga sebab sehingga Cina berhasil mengungkap jaringan CIA tersebut.

Pejabat menyebut deteksi bisa terjadi dengan membobol sistem komunikasi – sistem digital terenkripsi yang digunakan oleh petugas intelijen dan agen mereka – atau kesalahan yang dilakukan salah satu mata-mata. Sementara yang ketiga, Cina berhasil merekrut salah seorang agen untuk kepentingan mereka.

Mereka juga mengungkap bahwa Cina berhasil merekrut mantan agen CIA atas nama Gerry Chunxing Lee. Gerry diganjar ratusan ribu dolar untuk kerjanya tersebut.

Dokumen AS menunjukkan bahwa agen ini berhubungan dengan pejabat di Departemen Keamanan Dalam Negeri AS hingga setidaknya 2011. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Masjid di Makkah, Madinah hingga London Gelar Shalat Ghaib untuk Jamal Khashoggi