Home / Berita / Internasional / Asia / Trump Umumkan Perang Dagang Terhadap Cina

Trump Umumkan Perang Dagang Terhadap Cina

Presiden AS, Donald Trump, bersama dengan Presiden Tiongkok, Xi Jinping. (aljazeera.net)

dakwatuna.com – Washington. Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, menandatangani perintah eksekutif untuk memberlakukan bea masuk barang-barang Cina, Kamis (22/03/2018). Disebutkan, hal ini merupakan sanksi karena Cina tidak adil dalam praktik perdagangannya.

Dilansir Aljazeera.net, Trump menyebut telah meminta kepada Presiden Cina agar segera mengurangi defisit perdagangan dengan AS senilai 100 milyar dolar. Ia menambahkan, keseluruhan defisit perdagangan AS mencapai 800 milyar dolar, dan Cina bertanggung jawab atas setengahnya.

“Ini defisit terbesar bagi negara manapun dalam sejarah dunia. Ini juga di luar kuasa. Ada pencurian terus menerus terhadap AS dengan nilai ratusan milyar dolar,” terang Trump.

Dijadwalkan, AS dalam 15 hari ke depan akan mempublis daftar barang yang dikenalam bea masuk, dan akan mulai berlaku setelah 60 hari. Sementara bea masuk yang diberlakukan untuk produk Cina nilainya mencapai 600 milyar dolar pertahun.

Selain itu, investasi Cina pada sektor teknologi di AS juga akan dibatasi.

Meski begitu, Trump masih menyebut Cina sebagai negara sahabat. Ia juga mengaku punya hubungan pribadi yang baik dengan Presiden Cina. “Aku sangat menghormati Presiden Xi Jinping,” lanjutnya. .

Sebelumnya, para ahli dan pengamat ekonomi telah memperingatkan potensi perang perdagangan akibat kebijakan proteksionis dari Presiden Donald Trump. (whc/dakwatuna)

Sumber: Aljazeera

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Erdogan: Jangan Tutup-tutupi Fakta Pembunuhan Khashoggi