Home / Berita / Internasional / Asia / Dukung Turki, Angela Merkel: Jerman Ingin Ekonomi Turki Berkembang

Dukung Turki, Angela Merkel: Jerman Ingin Ekonomi Turki Berkembang

Recep Tayyip Erdogan dan Angela Merkel (spiegel.de)
dakwatuna.com – Berlin. Kanselir Jerman Angela Merkel menyebut negara menginginkan Turki berkembang secara ekonomi. Perkembangan itu, menurutnya, akan sangat penting bagi Berlin. Ia menekankan, tak ada satupun yang diuntungkan dengan rusaknya stabilitas ekonomi Turki.

Saat bertemu dengan Presiden Bosnia, Merkel menegaskan pentingnya independensi Bank Sentral Turki. Dalam konferensi pers di Berlin, Merkel ditanya wartawan terkati pendapatnya tentan situasi ekonomi Turki.

“Tidak ada yang punya kepentingan dengan instabilitas perekonomian Turki. namun semua hal harus dilakukan untuk memastikan independensi Bank Sentral,” jawab Merkel, dilansir Aljazeera.

Sebelumnya, Menteri Ekonomi Jerman Peter Altmaier memperingatkan dampak perang ekonomi yang disebabkan keputusan Presiden AS Donald Trump.

Ia mengatakan, kenaikan bea cukai yang diberlakukan AS kepada Cina dan Turki akan membahayakan perekonomian dunia. Keputusan itu juga akan membatasi pertumbuhan ekonomi serta menciptkan situasi tidak saling percaya, imbuhnya.

Langkah Turki

Bank Sentral Turki mengumumkan akan memberi likuiditas yang diperlukan dan akan mengambil semua langkah, untuk memastikan stabilitas ekonomi. Keputusan diambil setelah nilai tukar lira terjun bebas di hadapan dolar.

Bank Sentral Turki juga telah meninjau tingkat cadangan wajib bagi perbankan untuk menghindari masalah likuiditas. Mereka menyebutkan, sebanyak 10 miliar lira, enam miliar dolar dan tiga miliar dolar emas akan disuntikkan untuk likuiditas.

Nilai tukar lira terhadap dolar dan euro anjlok sebanyak lebih dari 40%. Penurunan tajam itu memicu kepanikan di pasar keuangan global.

Ketegangan Turki dan AS dipicu oleh desakan Washington untuk membebaskan Pastor-nya yang ditahan Turki. Namun, desakan itu tak kunjung dikabulkan, dan berdampak pada masalah perekonomian. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Kesaksian Warga Desa Kamboja Hempaskan Megaproyek Cina (Bagian 1)

Organization