Home / Berita / Internasional / Asia / Myanmar: Berhenti Membantu Pengungsi Rohingya!

Myanmar: Berhenti Membantu Pengungsi Rohingya!

Pengungsi Rohingya. (Aljazeera)
dakwatuna.com – Dhaka. Myanmar mendesak Bangladesh untuk menghentikan bantuan kepada para pengungsi Rohingya di sana. Sejauh ini ada sekitar 60.000 pengungsi Rohingya yang terdampar di wilayah perbatasan kedua negara.

Permintaan Myanmar disampaikan saat pembicaraan antara Menteri Luar Negeri Bangladesh A.H Mahmood Ali dengan Menlu Myanmar Kyaw Tint Swe. Menurut Aljazeera, keduanya bertemu di Naypyidaw, Myanmar.

Dalam kesempatan tersebut, Myanmar meminta Bangladesh menghentikan bantuan kemanusiaan kepada pengungsi Rohingy, melalui sejumlah badan internasional. Sebagai gantinya, myanmar sendiri yang akan memberikan bantuan.

Kemenlu Bangladesh dalam rilisnya menyebut tidak memberikan komitmen apapun. Namun Dhaka cukup ‘menanggapi positif’ proposal Myanmar untuk survei di Zona Penyangga.

Beberapa waktu lalu, menteri Myanmar melakukan kunjungan ke wilayah pengungsian di perbatasan tersebut. Di sana, ia mengancam para pengungsi akan dihukum jika menolak untuk kembali ke kampung halaman mereka.

Del Muhammad, seorang pemimpin Rohingya mengatakan, ancaman terakhir Myanmar akan semakin menambah kesulitan yang dirasakan para pengungsi. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Kekuatan Diplomatik Turki Selamatkan 4 Juta Orang di Idlib, Suriah