Home / Berita / Internasional / Asia / Syaikh Yusuf Al-Qaradhawi Seru Umat Islam Bantu Muslim Rohingya

Syaikh Yusuf Al-Qaradhawi Seru Umat Islam Bantu Muslim Rohingya

Ketua Ikatan Ulama Muslim Internasional, Syaikh Yusuf Al-Qaradhawi. (aa.com.tr)

dakwatuna.com – Doha. Ketua Persatuan Ulama Muslim Dunia, DR. Yusuf Al-Qaradhawy, menyeru negara Arab dan Islam membantu Muslim Rohingya di provinsi Rakhine, Myanmar. Ia juga menyayangkan sikap Arab yang menurutnya masih di bawah level.

“Aku menyeru kepada pemerintahan Arab dan Islam. Mereka semua bertanggung jawab di hadapan Allah atas saudara-saudara mereka yang tertindas di Myanmar. Allah juga akan memperhitungkan kelemahan dalam membela mereka (muslim Rohingya, red),” kata Syaikh Qaradhawi, Kamis (07/09/2017).

Syaikh menambahkan, “Pemerintahan-pemerintahan Islam ini mampu – jika berkenan, dengan tekanan politik dan ekonomi. Serta dengan menjadikan relasi internasionalnya untuk menekan pemerintahan yang zalim itu.”

Syaikh Al-Qaradhawi juga mengingatkan kewajiban untuk saling membantu saudara seiman. Katanya, “Islam memerintahkan kita untuk menolong saudara kita yang terzalimi, bahkan dengan perang sekalipun. Untuk menunjukkan kezaliman, dan menghilangkan permusuhan.”

Bahkan, Syaikh juga mengecam sikap negara-negara Arab yang masih di bawah semestinya. “Sikap Arab masih di bawah level. Mereka masih disibukkan dengan masalah marjinal dan perbedaan internal, untuk menjalankan kewajiban kepada saudara Muslim di sana (Mynamar, red).”

Terkait sikap organisasi yang dipimpinnya, Syaikh mengatakan, “Kami di IUMS dan organisasi Islam aktif lainnya, mengutuk dan mengecam segala teror kepada mereka yang tak berdosa di belahan dunia manapun.”

“Harus diberi hukuman apapun agama, warna kulit dan kelompoknya. Namun sangat disayangkan, kita belum menemui yang demikian ini dari dunia. Tidak dari negara besar, tidak pula dari negara Islam yang menguatkan mereka,” serunya lagi. (whc/dakwatuna)

Sumber: Al-Jazeera

Advertisements

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra

William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma’had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.

Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma’had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Sekolah Islam Sinar Cendikia Gelar SC-Edufest 2017