Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Sekjen PBB Seru Pemerintah Myanmar Bertanggung Jawab atas Keselamatan Muslim Rohingya

Sekjen PBB Seru Pemerintah Myanmar Bertanggung Jawab atas Keselamatan Muslim Rohingya

Anak-anak Rohingya di pengungsian (aa.com.tr)

dakwatuna.com – New York. Sekretaris Jendral Perserikatan Bangsa-Bangsa (Sekjen PBB) Antonio Guterres, angkat suara terkait situasi terkini yang terjadi di provinsi Rakhine, Myanmar. Menurutnya, pemerintah Myanmar harus bertanggung jawab memberi jaminan keamanan dan bantuan kepada pihak-pihak membutuhkan di sana.

Diwakili jubir PBB, Erie Kaneko, Guterres menyeru pemerintah Myanmar untuk memberi celah bagi PBB dan mitra lain untuk memberikan bantuan kemanusiaan. Dilansir dari trt.net.tr Ahad (03/09/2017), bantuan dimaksudkan untuk para Muslim Rohingya.

Sekjen PBB juga menyampaikan keprihatinannya atas pelanggaran yang dilakukan tentara Myanmar selama operasi  keamanan di Rakhine. Ia kemudian menyeru semua pihak untuk menahan diri untuk menghindari bencana kemanusiaan berlanjut.

“Situasi saat ini memerlukan pendekatan yang komprehensif untuk mengatasi akar penyebab kekerasan. Juga pelaksanaan rekomendasi Komite Penasihat sebagai pemegang mandat,” tegasnya.

Sebelumnya, Komite Penasihat yang dikepalai Mantan Sekjen PBB, Kofi Annan, telah memberikan beberapa rekomendasi pada akhir Agustus lalu. Di antaranya kebebasan bergerak bagi semua yang di Rakhine, urgensi mencari akar penyebab kekerasan, dan mengurangi tindak kekerasan antar kelompok. (whc/dakwatuna)

Sumber: TRT News Arabic

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Hamas Kecam Sekjen PBB

Figure
Organization