Home / Berita / Internasional / Asia / Sekjen PBB Seru Pemerintah Myanmar Bertanggung Jawab atas Keselamatan Muslim Rohingya

Sekjen PBB Seru Pemerintah Myanmar Bertanggung Jawab atas Keselamatan Muslim Rohingya

Anak-anak Rohingya di pengungsian (aa.com.tr)

dakwatuna.com – New York. Sekretaris Jendral Perserikatan Bangsa-Bangsa (Sekjen PBB) Antonio Guterres, angkat suara terkait situasi terkini yang terjadi di provinsi Rakhine, Myanmar. Menurutnya, pemerintah Myanmar harus bertanggung jawab memberi jaminan keamanan dan bantuan kepada pihak-pihak membutuhkan di sana.

Diwakili jubir PBB, Erie Kaneko, Guterres menyeru pemerintah Myanmar untuk memberi celah bagi PBB dan mitra lain untuk memberikan bantuan kemanusiaan. Dilansir dari trt.net.tr Ahad (03/09/2017), bantuan dimaksudkan untuk para Muslim Rohingya.

Sekjen PBB juga menyampaikan keprihatinannya atas pelanggaran yang dilakukan tentara Myanmar selama operasi  keamanan di Rakhine. Ia kemudian menyeru semua pihak untuk menahan diri untuk menghindari bencana kemanusiaan berlanjut.

“Situasi saat ini memerlukan pendekatan yang komprehensif untuk mengatasi akar penyebab kekerasan. Juga pelaksanaan rekomendasi Komite Penasihat sebagai pemegang mandat,” tegasnya.

Sebelumnya, Komite Penasihat yang dikepalai Mantan Sekjen PBB, Kofi Annan, telah memberikan beberapa rekomendasi pada akhir Agustus lalu. Di antaranya kebebasan bergerak bagi semua yang di Rakhine, urgensi mencari akar penyebab kekerasan, dan mengurangi tindak kekerasan antar kelompok. (whc/dakwatuna)

Sumber: TRT News Arabic

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Misi PBB: Militer Myanmar Bakar Anak Rohingya Hidup-Hidup

Organization