Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Menlu Turki Sebut Situasi di Suriah Lebih Baik dari Tahun Lalu

Menlu Turki Sebut Situasi di Suriah Lebih Baik dari Tahun Lalu

Menlu Turki, Mevlut Covusoglu. (aa.com.tr)

dakwatuna.com – Ankara. Menteri Luar Negeri (Menlu) Turki, Mevlut Covusoglu, dalam sambutannya di perayaan Idul Adha di wilayah Anatolia Sabtu (02/09/2019), menyinggung situasi terkini di Suriah. Menurutnya situasi Suriah tahun ini jauh lebih baik dari tahun lalu.

Dilansir dari aa.com.t/ar, Covusoglu menjelaskan upaya negaranya dalam mewujudkan gencatan senjata. Lebih dari itu, Turki juga berupaya mencari solusi politik untuk mengakhiri krisis di Suriah.

Covusoglu menambahkan, tanggung jawab Turki tidak hanya sampai pembangunan negara saja. Turki juga bertanggungjawab untuk menghadirkan keamanan di Kawasan.

Selain membahas krisis di Suriah, Menlu Turki itu juga menyinggung pelanggaran kemanusiaan berat yang menimpa Muslim Rohingya di provinsi Rakhine, Myanmar. Ia menyebutkan, pertemuaan para pemimpin negara akan digelar dalam dua pekan kedepan di New York.

Menlu melanjutkan, pertemuan atas inisiatif Presiden Erdogan itu akan dihadiri pemimpin negara-negara Islam, Sekjen PBB Antonio Guterres, ketua misi PBB untuk Rakhine Kofi Annan, serta pejabat terkait lainnya.

Pada kesempatan itu, Menlu juga menyebut negaranya merupakan yang paling menaruh perhatian atas penderitaan Muslim Rohingya. Turki juga negara yang paling ingin kekerasan itu diakhiri.

Sebagai bukti, Menlu menyebut nilai bantuan kemanusiaan Turki untuk Muslim Rohingya telah mencapai 70 juta dolar. Namun, ia mengingatkan bahwa bantuan saja tidak cukup. Dunia Islam harus bertindak nyata untuk menyelamatkan Muslim Rohingya, tambahnya. (whc/dakwatuna)

Sumber: Anadolu Ajansi Arabic

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

[Video] Menlu Turki Kejutkan Warga Sudan

Figure
Organization