Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Untuk Pertama Kalinya Sejak Pembantaian, Suu Kyi Datangi Provinsi Rakhine

Untuk Pertama Kalinya Sejak Pembantaian, Suu Kyi Datangi Provinsi Rakhine

Aung San Suu Kyi. (aa.com.tr/ar)

dakwatuna.com – Rakhine. Pimpinan Otoritas Myanmar, Aung San Suu Kyi, mengunjungi Provinsi Rakhine hari ini, Kamis (02/11/2017). Dilansir aa.com.tr/ar, kunjungan itu merupakan kali pertama sejak kampanye keamanan kepada Muslim Rohingya Agustus lalu.

Kedatangan Suu Kyi bertepatan dengan rencana pemerintah untuk memulangkan ratusan ribu Muslim yang mengungsi akibat kekerasan dan pembantaian. Disebutkan, Otoritas Myanmar semakin terdesak dengan banyaknya kritik akibat kekerasan yang mereka lakukan di provinsi tersebut.

“Suu Kyi tiba di ibukota provinsi pagi hari tadi. Selanjutnya ia berkunjung ke wilayah Mongdao, bagian utara provinsi,” kata Tin Myung-soo, pejabat pemerintah Rakhine.

Ia menambahkan, “Suu Kyi juga akan bertemu dengan Yu Ni-po, Kepala Pemerintahan Rakhine, untuk membahas situasi terkini.”

Selain itu, Suu Kyi juga akan bertemu dengan penduduk Rakhine yang beragama Budha. “Selama kunjungannya yang hanya satu hari, Suu Kyi akan bertemu dengan beberapa pendeta Budha dan perwakilan dari minoritas Rohingya,” lanjut Myung-soo.

Sementara itu, laporan UNESCO mengungkap, jumlah persentasi anak-anak di antara para pengungsi mencapai 60%. Para pengungsi juga disebut harus menghadapi pola hidup yang sulit di kamp-kamp pengungsian.

Terbaru, pihak pemerintah Myanmar menyebut muslim Rohingya di Bangladesh sebagai ‘imigran gelap’. Sementara PBB menyebut mereka sebagai ‘kelompok minoritas agama yang paling teraniaya di seluruh dunia’. (whc/dakwatuna)

Sumber: Anadolu Ajansı Arabıc

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Misi PBB: Militer Myanmar Bakar Anak Rohingya Hidup-Hidup

Figure
Organization