Home / Berita / Internasional / Asia / Kloter Pertama Jamaah Haji Iran Tiba di Saudi

Kloter Pertama Jamaah Haji Iran Tiba di Saudi

86.000 warga Iran akan menunaikan ibadah haji tahun ini. (Aljazeera)
dakwatuna.com – Riyadh. Kloter pertama berisi 270 Jamaah Haji Iran tiba di kota Madinah al-Munawarah, Arab Saudi. Dilansir dari Aljazeera, Kamis (19/07), mereka bertolak dari Bandara Internasional Khameini untuk melaksanakan ibadah haji tahun ini.

Sebelumnya, Saudi dan Iran jemaah haji jamaah Iran diberangkatkan secara langsung melalui perjalanan udara. Kedua negara juga sepakat pembuatan visa haji di Iran, tanpa melalui negara ketiga.

Lebih lanjut, Teheran dan Riyadh juga menyepakati pembukaan utusan diplomatik sementara untuk mengawasi para jamaah Iran. Sementara Teheran menegaskan, warganya akan mematuhi aturan hukum yang berlaku di Saudi.

Ketua Komite Haji dan Umrah Iran, Hamid Muhammadi mengatakan, sebanyak 86.000 jamaah Iran akan menjalankan ibadah haji tahun ini.

Ia menjelaskan, dua perusahaan penerbangan Iran dan Saudi akan bekerja sama dalam memberangkatkan 310 perjalanan jamaah haji Iran.

Kepulangan Jamaah haji Iran, menurut Muhammadi, akan dimulai pada 26 Agustus hingga 15 September.

Warga Iran tidak dapat menjalankan ibadah haji pada tahun 2016. Hal terjadi setelah perundingan antara Teheran dan Riyadh menemui kebuntuan. Namun tahun 2017 lalu kedua belah pihak berhasil mencapai kesepakatan.

Seperti diketahui, Riyadh memutus hubungan diplomatik dengan Teheran sejak 2016 lalu. Setelah terjadi insiden penyerangan terhadap kantor kedutaan Saudi di Teheran. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Erdogan: Saya Kenal Pembunuh Jamal Khashoggi

Organization