Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Menteri Irak: Arab Saudi Minta Irak Jadi Mediator Riyadh – Teheran

Menteri Irak: Arab Saudi Minta Irak Jadi Mediator Riyadh – Teheran

Ilustrasi. (bloombergview.com)

dakwatuna.com – Teheran. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Irak, Qasim al-Araji mengatakan, Arab Saudi telah meminta Irak untuk campur tangan menengahi antara Riyadh dan Teheran.

Selain itu, sebagaimana dilansir dari Aljazeera.net, Senin (14/08/2017), al-Araji menyebut Iran menerima positif permintaan Arab Saudi tersebut. sedangkan Arab Saudi. tambahnya, berjanji untuk memberi tanggapan atas kondisi Iran.

Dalam konferensi pers di Teheran, Ahad (14/08) kemarin, Qasim al-Araji menyebut, Arab Saudi meminta Perdana Menteri (PM) Irak untuk terlibat dalam menekan ketegangan antara Riyadh dan Teheran.

Al-Araji mengungkapkan, dirinya telah menyampaikan niat Arab Saudi itu kepada pemerintah Iran. Menurutnya, Iran pun menyambutnya dengan positif.

Kepada Iran, al-Araji menambahkan, dirinya telah menyampaikan kepada pihak Arab Saudi terkait langkah awal rekonsiliasi antara kedua negara. Ia menjelaskan, Arab Saudi harus menghormati para Jemaah Haji Iran dan memberi izin mereka untuk berziarah ke pemakaman Baqi di Kota Madinah.

Terkait hal itu, imbuh al-Araji, pihak Arab Saudi berjanji untuk memenuhi hal-hal tersebut di atas.

Mendagri Irak itu juga menyebutkan, stabilitas dan membaiknya hubungan Arab Saudi dan Iran akan berdampak positif bagi kawasan Teluk.

Sebelumnya, media massa Iran menyebarkan foto pertemuan singkat antara Menlu Saudi Adil al-Jubeir dengan Menlu Iran Mohamad Javad Zarif di Istanbul.

Terkait pertemuan singkat tersebut, Menlu Iran menyebut itu sebagai tindakan manusiawi dalam sebuah pertemuan internasional. Ia juga menyebutkan, meski negaranya sering berseberangan dengan Arab Saudi, namun Iran tetap berpegang pada keharusan membangung hubungan saling menghormati dengan negara-negara tetangga. (whc/dakwatuna)

Sumber: Aljazeera.net

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Trump Batalkan Rencana Gempur Iran Secara Mendadak

Figure
Organization