Home / Berita / Internasional / Asia / Arab Saudi Bantah Ingin Rekonsiliasi dengan Iran

Arab Saudi Bantah Ingin Rekonsiliasi dengan Iran

Raja arab Saudi, Salman bin Abdulaziz. (aa.com.tr)

dakwatuna.com – Riyadh. Pemerintah Arab Saudi secara resmi membantah pernyataan Mendagri Irak, Qasim al-Araji, terkait rekonsiliasi dengan Iran, Rabu (16/08/2017).

Sebagaimana diwartakan sebelumnya, Mendagri Irak menyebut pihak Riyadh meminta Irak untuk menjadi mediator hubungan mereka dengan Iran.

Seorang pejabat Arab Saudi menyebutkan, pemerintah belum meminta mediasi dalam bentuk apapun terkait hubungan dengan Iran. Sumber menambahkan, semua berita terkait hal ini tidak benar baik pernyataan maupun detailnya.

“Pemerintah Arab Saudi masih berpegang teguh pada keyakinan untuk menolak kedekatan apapun dengan pemerintah Iran, yang selama ini menebarkan paham ekstrimis dan terorisme baik di Kawasan maupun dunia, serta mengintervensi urusan dalam negeri negara lain,” kata sumber, sebagaimana dilansir dari kantor berita Arab Saudi (SPA).

Sumber menambahkan, Arab Saudi memandang bahwa rezim Iran saat ini tidak mungkin diajak berunding. Hal ini disebabkan upaya rezim yang tidak menghormati aturan dan norma diplomatik, prinsip hubungan internasional, serta rezim yang menebarkan kebohongan dan mengaburkan fakta.

“Kami menyeru kepada negara-negara di dunia untuk mencegah perilaku agresif Iran. Selain itu juga memaksa Iran untuk mematuhi hukum internasional, resolusi PBB dan peraturan serta norma-norma diplomatik,” pungkas sumber. (whc/dakwatuna)

Sumber: Sputnik Arabic

Advertisements

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra

William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma’had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.

Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma’had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Mantan Komandan Militer AS Sebut Permusuhan Saudi Pada Qatar Tak Akan Capai Tujuan