Home / Berita / Internasional / Asia / Arab Saudi Bantah Berubah Sikap Mengenai Suriah

Arab Saudi Bantah Berubah Sikap Mengenai Suriah

Menlu Arab Saudi, 'Adil Al-Jabir (islammemo.cc)
Menlu Arab Saudi, ‘Adil Al-Jabir (islammemo.cc)

dakwatuna.com – Arab Saudi. Menlu Arab Saudi, ‘Adil bin Ahmad Al-Jabir, membantah negaranya dan Austria telah berubah sikap mengenai penyelesaian konflik di Suriah dan teknis pelaksanaan kesepakatan Jenewa I.

Dalam keterangan pers bersama dengan Menlu Austria pada Kamis kemarin (26/11/2015), Menlu Jabir, menyatakan adanya perkembangan positif dalam pertemuan Jenewa II baru-baru ini, hanya saja masih ada ganjalan dari negara-negara yang terlibat seperti Rusia dan Iran terkait isu penurunan Presiden Bashar Al-Asad dari jabatannya.

Menlu Jabir menjelaskan bahwa Arab Saudi yang mensponsori pertemuan kelompok-kelompok oposisi penentang Al-Asad masih berupaya menyatukan barisan mereka supaya dapat memainkan peranan signifikan dalam perundingan-perundingan penyelesaian konflik Suriah.

Arab Saudi menurutnya juga masih mendukung tercapainya kesapakatan damai untuk menurunkan Al-Asad, meskipun pilihan dengan jalur militer masih terus berjalan.

Dalam hal ini, berdasarkan kesepakatan Jenewa I, seluruh pihak bertikai di Suriah diminta untuk membentuk dewan transisi dan menerima pengalihan kekuasaan dari rezim Al-Asad. Dewan transisi bertugas untuk menjaga kelangsungan lembaga-lembaga sipil dan militer, menyusun konstitusi baru, dan melaksanakan pemilihan umum. (rem/dakwatuna)

Sumber: Islam Memo

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Rekonsiliasi Tidak Gratis, Israel Jamin Keamanan Arab Terhadap Ancaman Iran

Organization